Lewis Hamilton Tercepat di Sesi Kualifikasi F1 GP Portugal 2020

Rully Fauzi
Lewis Hamilton Tercepat di Sesi Kualifikasi F1 GP Portugal 2020
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton melakukan selebrasi di parc ferme usai meraih pole position pada sesi kualifikasi F1 GP Portugal 2020 di Sirkuit Internasional Algarve, Sabtu (24/10/2020) malam WIB. [JOSE SENA GOULAO / POOL / AFP]

The Boss melesat di lap terakhir.

Suara.com - Lewis Hamilton meraih pole position untuk F1 GP Portugal pertama yang digelar setelah 24 tahun, sedangkan rekan satu timnya, Valtteri Bottas mengamankan posisi start kedua, mengunci baris terdepan untuk tim Mercedes.

Di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Sabtu (24/10/2020) malam WIB, Hamilton merebut pole position kesembilan kalinya di musim ini dan ke-97 dalam kariernya, setelah serangan di lap terakhir sesi kualifikasi menghasilkan catatan waktu satu menit 16,652 detik, lebih cepat 0,102 dari Bottas.

Pebalap Britania itu sekaligus menegaskan dominasi Mercedes yang selalu start terdepan di 12 balapan musim ini.

Pebalap Red Bull Max Verstappen bakal start dari posisi ketiga di depan Charles Leclerc yang membawa Ferrari ke posisi keempat di sesi kualifikasi yang sempat tertunda karena adanya kerusakan di penutup drainase sirkuit.

Baca Juga: Raih Pole Position Perdana, Nakagami Start Terdepan di MotoGP Teruel

"Aku tak bisa mengatakan kepada kalian bagaimana sulitnya hari ini, benar kami punya mobil yang luar biasa tapi kalian harus bekerja keras di sini akhir pekan ini," kata Hamilton.

Hasil itu menjadi pukulan telak bagi Bottas, yang selalu tampil cepat di ketiga sesi latihan sebelumnya dan juga dua sesi kualifikasi.

Bottas mengaku butuh keajaiban dalam perebutan gelar tahun ini ketika ia terpaut 69 poin dari rekan satu timnya yang memuncaki klasemen dengan enam balapan tersisa.

"Valtteri sangat cepat hari ini, kalian lihat dia memuncaki setiap sesi. Jadi aku terus menggali dan mencoba menemukan tambahan waktu itu," kata Hamilton yang akhir pekan ini memiliki peluang memecahkan rekor 91 kemenangan yang ia pegang bersama Michael Schumacher.

Sergio Perez mengakhiri sesi kualifikasi di peringkat lima untuk tim Racing Point, di depan mobil Red Bull kedua yang dikendarai Alexander Albon.

Baca Juga: Valtteri Bottas Sapu Bersih Sesi Latihan Bebas F1 GP Portugal 2020

Duet McLaren, Carlos Sainz dan Lando Norris di dua posisi berikutnya, di depan Pierre Gasly dari tim AlphaTauri dan Daniel Ricciardo dari tim Renault.

Komentar