alexametrics

Timnas Basket Indonesia Siap Berjuang Kunci Peringkat Tiga Grup A

Reky Kalumata
Timnas Basket Indonesia Siap Berjuang Kunci Peringkat Tiga Grup A
Pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia, Lester Prosper (tengah) melesakkan bola dalam pertandingan Windows III Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Angeles City Foundation Gym, Filipina, Kamis (17/6/2021). [dok. FIBA]

Arki Dikania Wisnu dkk saat ini berada di peringkat ketiga Grup A dengan koleksi enam poin

Suara.com - Timnas bola basket Indonesia bakal berjuang habis-habisan pada laga pamungkas Kualifikasi Jendela III FIBA Asia Cup 2021 Grup A melawan Thailand di Pampanga, Angeles City Foundation Gym, Filipina, Minggu (20/6), demi mengunci peringkat tiga klasemen.

"Dari awal memang target kita adalah meraih kemenangan melawan Thailand agar dapat mengunci peringkat ketiga Grup A," kata Manajer Timnas Basket Indonesia Maulana Fahreza Tamrella dalam keterangan resminya seperti dimuat Antara, Sabtu.

Saat ini Arki Dikania Wisnu dan kawan-kawan berada di peringkat ketiga Grup A dengan koleksi enam poin hasil dari sekali menang dan empat kali tumbang. Sementara Filipina memimpin klasemen dengan 10 angka. Sedangkan Korea Selatan ada di peringkat kedua. Adapun Thailand sendiri masih menjadi juru kunci grup dengan empat poin.

Fahreza Tamrella juga mengingatkan kepada tim pelatih Timnas Indonesia untuk mengevaluasi kinerja tim jelang melawan Thailand. Hal ini harus dilakukan mengingat pada laga melawan tuan rumah Filipina tampil kurang mengesankan sehingga kalah 51-76.

Baca Juga: Top 5 Sport: Timnas Indonesia Dikalahkan Korsel di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Salah satu hal yang cukup mencolok saat menghadapi Filipian adalah rebound. Menurut Fahreza, timnas Indonesia terlalu banyak kecolongan bola.

"Perbedaan 27 rebound sangat menjadi perhatian khusus bagi timnas untuk evaluasi gim selanjutnya melawan Thailand," kata pria yang akrab dipanggil Mocha itu.

Saat melawan Filipina, Arki Dikania Wisnu dan kawan-kawan sebenarnya tampil cukup baik di babak pertama terutama dalam defense. Namun, secara offense, akurasi kurang begitu baik sehingga timnas tertinggal 8 poin pada babak pertama.

Hal yang menguntungkan saat melawan Thailand adalah Timnas Indonesia bakal main full team. Hardianus Lakudu yang sempat terganggu dengan masalah otot punggung sudah kembali berlatih dengan rekan setim.

"Hardianus sudah latihan bersama tim. Lawan Thailand, dia sudah sudah bisa main. Kita full team hadapi Thailand nanti," kata Asisten manajer Timnas Basket Indonesia Andi Batam.

Baca Juga: Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021: Timnas Basket Indonesia Takluk di Tangan Korsel

Komentar