alexametrics

Mengenal Rio Waida, Sosok Pembawa Bendera Indonesia di Pembukaan Olimpiade 2020

Irwan Febri Rialdi
Mengenal Rio Waida, Sosok Pembawa Bendera Indonesia di Pembukaan Olimpiade 2020
Peselancar putra Indonesia, Rio Waida saat membawa bendera Merah Putih dalam parade kontingen negara-negara peserta Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Jepang, Jumat (23/7/2021) malam WIB. Odd ANDERSEN / AFP.

Sosok Rio Waida yang memiliki wajah ala Jepang menjadi sorotan netizen Tanah Air saat membawa bendera Indonesia di pembukaan Olimpiade 2020

Suara.com - Mengenal Rio Waida, sosok yang membawa bendera Indonesia saat pembukaan Olimpiade 2020 di Olympic Stadium, Tokyo, (23/7/21) malam WIB.

Di pembukaan Olimpiade yang berlangsung sederhana karena efek pandemi Covid-19 tersebut, bendera Indonesia dibawa oleh seorang atlet Surfing bernama Rio Waida.

Rio yang mengenakan pakaian adat Bali, dengan tegap dan gagah memandu 10 personil berjalan di tengah Olympic Stadium.

Bagi Rio Waida, kesempatan membawa bendera Merah Putih di ajang sekelas Olimpiade merupakan kebanggaan tersendiri baginya.

Baca Juga: Raih Medali Perak di Olimpiade Tokyo, Ternyata Rayssa Leal Pernah Bikin Tony Hawk Kagum

“Ini tidak pernah saya bayangkan, bisa tampil di Olimpiade. Saya akan menjadi Flag Bearer. Saya akan berdiri paling depan membawa bendera Merah Putih, mewakili kontingen Indonesia,” tutur Rio.

Pemilihan sebagai Flag Bearer sendiri merupakan keputusan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang memahami adanya hubungan antara dirinya dengan Jepang.

Rio sendiri memang memiliki darah Jepang dari sang ibu, Kaoru Waida. Sedangkan sang ayah, merupakan WNI asal Jember, Jawa Timur.

Selain membawa bendera, Rio akan bertarung di cabor Surfing atau selancar di mana saat artikel ini dibuat, langkahnya telah terhenti di babak 16 besar.

Langkahnya terhenti setelah dikalahkan peselancar Jepang, Kanoa Igarashi yang merupakan peringkat enam World Surf League (WSL) dengan nilai 12,00 – 14,00.

Baca Juga: Mirip Banget Lady Gaga, Paras Atlet Taekwondo di Tokyo 2020 Kejutkan Publik

Kekalahan ini cukup menyakitkan bagi Rio Waida. Namun di usianya yang masih muda, ia berjanji akan kembali berpartisipasi dan meraih medali Olimpiade 2024.

Komentar