alexametrics

Hasil Kualifikasi F1 GP Belgia: Max Verstappen Rebut Pole di Spa

Arief Apriadi
Hasil Kualifikasi F1 GP Belgia: Max Verstappen Rebut Pole di Spa
Pebalap tim Red Bull Max Verstappen menjalani sesi kualifikasi Grand Prix Belgia, Sirkuit Spa-Francorchamps. (28/8/2021) (ANTARA/REUTERS/Johanna Geron)

Max Verstappen menjadi yang tercepat setelah mencatatkan waktu 1 menit 59,765 detik di Q3 F1 GP Belgia 2021.

Suara.com - Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil merebut posisi start terdepan F1 GP Belgia 2021 setelah jadi yang tercepat di sesi kualifikasi, Sabtu (28/8/2021) malam WIB.

Dalam sesi kualifikasi ketiga (Q3) yang sempat dihentikan sementara menyusul kecelakaan pebalap McLaren Lando Norris, Verstappen mencatatkan waktu tercepat, 1 menit 59,765 detik di Sirkuit Spa-Francorchamps.

Norris kehilangan kendali mobilnya di kondisi trek yang basah ketika melaju ke Eau Rouge dan menabrak pagar pembatas di sisi kiri ketika menanjak dalam kecepatan tinggi.

Norris melaporkan dirinya baik-baik saja kendati terlihat memegangi sikunya ketika keluar dari mobil McLarennya yang hancur sebelum menjalani cek medis.

Baca Juga: Pierre Gasly Didukung untuk Kembali ke Red Bull Racing

Pebalap tim Aston Martin Sebastian Vettel sempat meminta race director menunda Q3 karena kondisi trek yang diguyur hujan lebat sebelum kecelakaan Norris terjadi.

Setelah kondisi trek membaik dan aman dari serpihan kecelakaan, sesi terakhir kualifikasi dilanjutkan dan Verstappen mencetak waktu tercepat 1:59,765 ketika time attack lebih larut dengan ban intermediate demi memupuskan harapan George Russell meraih pole position pertamanya bagi tim Williams.

Sang pebalap Inggris harus puas tergeser ke P2 dengan margin 0,321 detik, mengulangi hasil terbaik kualifikasi yang pernah ia raih di GP Sakhir ketika ditugasi Mercedes menjadi pebalap pengganti Lewis Hamilton yang terkena Covid-19 di pengujung musim lalu.

Itu juga merupakan posisi start baris terdepan bagi Williams untuk pertama kalinya sejak Monza 2017.

"Saya rasa kami tampil baik ketika lolos Q1 dan kemudian kami mendapati baris terdepan. Kami tanpa beban, besok adalah yang paling penting jadi ayo kita ke sana dan mencetak poin," kata Russell dikutip laman resmi F1.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, F1 GP Jepang 2021 Resmi Dibatalkan

Sementara itu Hamilton akan mengawali serangan dari P3 didampingi pebalap McLaren Daniel Ricciardo yang melengkapi baris kedua.

Komentar