alexametrics

Sejarah Munculnya Permainan Bola Voli

Arief Apriadi
Sejarah Munculnya Permainan Bola Voli
Pebola voli Korea Selatan Jeongah Park (kiri) melepas smash ke tim Indonesia pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Fanny Octavianus

William George Morgan menjadi tokoh penting dalam kemunculan permainan bola voli pada tahun 1985.

Suara.com - Perjalanan sejarah munculnya permainan bola voli tak terlepas dari seorang tokoh yang bernama William George Morgan.

Tokoh asal Amerika Serikat ini menjadi sosok penting di balik sejarah munculnya permainan bola voli pada tahun 1985.

Sebelum menemukan permainan bola voli, Morgan tercatat sebagai salah satu mahasiswa Pendidikan Jasmani di Springfield College yang dikelola oleh YMCA atau Young Men’s Christian Association.

Saat menimba ilmu di sana, Morgan berjumpa dengan James Naismith. Orang inilah yang pada tahun 1891 menemukan olahraga bola basket.

Baca Juga: PON Papua: Kandaskan Papua Barat, Voli Putra DKI Jakarta Buka Jalan ke Final

Setelah lulus dari Springfield College pada tahun 1895, Morgan kemudian bekerja sebagai Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA, Massachusetts.

Pada masa-masa awal kariernya itulah, Morgan menciptakan sebuah permainan bernama Mintonette, yang kelak berubah namanya menjadi volleyball atau bola voli.

Saat itu, ide awal yang melatarbelakangi munculnya Mintonette ialah merancang permainan yang tidak sebesar basket. Hal ini dilakukan agar permainan tersebut cocok dimainkan oleh orang-orang yang lebih tua.

Selain itu pula, kemunculan permainan Mintonette juga terinspirasi dari Naismith yang mencetuskan permainan bola basket.

Mengenalkan Permainan Bola Voli

Baca Juga: PON Papua: Diwarnai Insiden Lampu, Voli Putra Jateng Kandas di Semifinal

Momen pertama Morgan memperkenalkan permainan bola voli ialah kepada Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA, Springfield, pada 1896.

Komentar