facebook

SEA Games 2021 Vietnam Resmi Dibuka

Rully Fauzi
SEA Games 2021 Vietnam Resmi Dibuka
Semarak pembukaan SEA Games 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5/2022) malam WIB. [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]

Opening ceremony berlangsung semarak di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Suara.com - SEA Games 2021 Vietnam secara resmi telah dibuka yang ditandai dengan penyalaan api kaldron pada upacara pembukaan multievent dua tahunan itu yang digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Kamis (13/5/2022) malam WIB.

Upacara pembukaan SEA Games ke-31 yang mengusung tema “Untuk Asia Tenggara yang Lebih Kuat” itu berlangsung semarak hingga stadion pun penuh sesak dipenuhi para penonton yang ingin menyaksikan langsung acara tersebut.

Para penonton ada yang datang sendirian bahkan ada pula yang datang bersama keluarga dan membawa anak-anaknya.

Salah seorang penonton, Quan, rela datang sendiri ke stadion dari rumahnya yang berjarak 60km demi menyaksikan langsung peristiwa bersejarah menandai negaranya Vietnam untuk pertama kali menjadi tuan rumah SEA Games setelah 20 tahun.

Baca Juga: Piala Thomas 2022: Jonatan Christie Pecundangi Li Shi Feng, Indonesia Lolos ke Semifinal

“Saya datang ke sini karena saya ingin melihat langsung upacara pembukaan. Saya belum pernah melihat acara seperti ini. Acaranya sangat bagus dan meriah, saya sangat senang,” kata Quan yang tak bisa menyembunyikan rasa takjubnya ketika melihat kembang api menghiasi My Dinh Stadium, Hanoi.

Acara pembukaan SEA Games ke-31 dibagi dalam tiga bagian. Pertama, menampilkan identitas Vietnam lewat budaya yang digambarkan dalam tarian bambu, dilanjutkan dengan tarian teratai yang membawa makna persahabatan dan kekuatan komunitas Asia Tenggara di dunia.

Semarak pembukaan SEA Games 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5/2022) malam WIB. [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]
Semarak pembukaan SEA Games 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5/2022) malam WIB. [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]

Penampilan ketiga dilanjutkan dengan tarian khas Vietnam, tari caping yang menyimbolkan solidaritas dan persahabatan antara Vietnam dan anggota ASEAN lainnya dalam upaya menyatukan dan membangun komunitas regional yang kuat.

Setelah penampilan tarian, kemudian ada defile kontingen yang dimulai dengan menampilkan kontingen Brunei Darussalam dan diikuti oleh negara Asia Tenggara lainnya sesuai alphabet.

Penampilan berbeda ditunjukkan kontingen Indonesia dalam parade defile malam ini. Indonesia yang biasanya tampil menarik dan mencolok dengan kostum khas berbagai daerah, namun kali ini mereka tampil santai dan casual dengan mengenakan polo dan celana katun coklat muda dipadukan seragam merah dan blankon.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri Sanjung Kebijakan Rotasi Shin Tae-yong

Chef de Mission kontingen Indonesia untuk SEA Games, Ferry J Kono mengatakan seragam tersebut dipilih untuk menunjukkan kesederhanaan dan keramahan Indonesia dalam bersosialisasi dengan masyarakat Asia Tenggara.

Sebanyak 10.000 atlet dari 11 negara Asia Tenggara berpartisipasi dalam SEA Games Vietnam. Adapun Indonesia menerjunkan 499 atlet yang akan berlaga pada 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Komentar