facebook

Usai SEA Games 2021, Atlet Dayung Indonesia kembali ke Pelatnas

Syaiful Rachman
Usai SEA Games 2021, Atlet Dayung Indonesia kembali ke Pelatnas
Pedayung Ardi Risedi (kiri) dan Kakan Rusmana berselebrasi usai mencapai garis finis di urutan pertama dalam babak final nomor lightweight man's double scull cabana saying SEA Games 2021 di Hai Phong, Vietnam, Rabu (11/5/2022). Ardi dan Kakan memenangkan medali emas yang pertama bagi kontingen Indonesia dalam SEA Games Vietnam. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Para atlet kembali berlatih sepekan usai gelaran SEA Games 2021.

Suara.com - Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Budiman Setiawan mengatakan atlet dayung Merah Putih bakal kembali menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) sepekan setelah SEA Games Hanoi, Vietnam.

"Atlet akan beristirahat selama satu pekan, setelah itu kembali berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi sejumlah ajang besar," kata Budiman kepada pewarta setiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (23/5/2022).

Budiman mengatakan tantangan lebih besar akan dihadapi atlet Merah Putih. Terdekat mereka akan bersaing pada World Rowing Championships 2022 atau Kejuaraan Dunia Rowing di Racice, Republik Ceko pada 18-25 September.

Tim dayung DKI Jakarta memacu kecepatan saat berlaga dalam final canoeing WK4 500 PON Papua di Teluk Youtefa, Papua, Rabu (29/9/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Tim dayung DKI Jakarta memacu kecepatan saat berlaga dalam final canoeing WK4 500 PON Papua di Teluk Youtefa, Papua, Rabu (29/9/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.

"Kami semua akan lebih dulu mengevaluasi kekurangan yang harus diperbaiki dan strategi apa saja yang akan diterapkan untuk ajang-ajang berikutnya," tambah Budiman seperti dimuat Antara.

Selain Kejuaraan Dunia Rowing, lanjut Budiman, atlet Indonesia juga bakal mempersiapkan diri untuk menghadapi Asian Games Hangzhou, China 2022 dan juga kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Menurutnya, SEA Games dan dua ajang yang disebutkan di atas memiliki perbedaan. "Contohnya pada SEA Games ini kami berusaha mengambil sebaran medali sebanyak-banyaknya. Tetapi untuk Asian Games tentunya akan fokus pada nomor-nomor tertentu," kata Budiman.

Dia mengatakan pelatnas akan tetap berlangsung di Jatiluhur, Purwakarta dan Pangalengan, Bandung. Selain itu juga atlet akan kembali berlatih di Eropa seperti yang dilakukan saat persiapan SEA Games Vietnam.

"Kemungkinan rowing di Belanda atau Belgia, sementara kayak/canoe di Bulgaria. Tahun depan juga akan ada banyak event yang kami hadapi," kata Budiman.

Untuk diketahui, cabang olahraga menjadi lumbung medali bagi Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam. Tim rowing membawa pulang delapan medali emas dan enam perak. Sementara kayak/canoe meraih enam emas, delapan perak, dan tiga perunggu.

"Pencapaian ini tak lepas dari kerja keras atlet, pelatih, serta dukungan pemangku kepentingan olahraga lainnya sehingga kita bisa terus berlatih secara berkesinambungan," kata Budiman.

Komentar