facebook

Juarai Sydney Surf Pro, Menpora Berharap Prestasi Rio Waida Berlanjut di WSL Banyuwangi

Reky Kalumata
Juarai Sydney Surf Pro, Menpora Berharap Prestasi Rio Waida Berlanjut di WSL Banyuwangi
Peselancar Indonesia Rio Waida berkompetisi dalam Heat 1 selancar putra papan pendek dalam Olimpiade Tokyo 2020 di Tsurigasaki Surfing Beach, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). [AFP]

Rio Waida bisa tampil di World Surfing League (WSL) Championship Tour setelah mendapat wild card

Suara.com - Peselancar Indonesia Rio Waida sukses menjuarai ajang Sydney Surf Pro 2022 nomor Open Mens dan hasil tersebut diharapkan oleh Menpora Zainudin Amali berlanjut di World Surfing League (WSL) Championship Tour di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi, Jawa Timur, 26 Mei-4 Juni.

Harapan orang nomor satu di Kemenpora itu bukan tanpa alasan karena Rio Waida akan berlomba di rumah sendiri dan berbekal menjadi orang pertama Indonesia yang sukses menjuarai kejuaraan yang berlangsung di Manly Beach, Australia, 17-24 Mei itu.

"Harapan saya Rio bisa menorehkan prestasi di kejuaraan dunia di Banyuwangi nanti," kata Menpora Zainudin Amali dikutip dari laman Kemenpora di Jakarta, Rabu seperti dimuat Antara.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. [Dok.Antara]
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. [Dok.Antara]

Rio Waida bisa tampil di World Surfing League (WSL) Championship Tour setelah mendapat wild card. Pada kejuaraan ini peselancar kelas dunia dipastikan hadir dan dipastikan kejuaraan bakal berlangsung ketat.

Baca Juga: Menpora: SEA Games 2021 Bekal dalam Persiapan Menuju Olimpiade Paris

Terkait hasil Rio Waida di Australia, Menpora mengaku bangga dan diharap prestasi atlet blasteran Indonesia-Jepang dan merupakan seorang Olimpian ini menjadi motivasi bagi atlet selancar Indonesia.

Seperti diketahui, Rio Waida pada babak final berhasil mengalahkan Ryan Callinan yang merupakan atlet tuan rumah. Rio memperoleh skor tertinggi 17,73 mengalahkan Ryan Callinan dengan skor 15,70.

“Selamat kepada Rio Waida atas prestasi yang diraih dengan menjadi juara kompetisi selancar ombak bergengsi Sydney Surf Pro. Tentu ini prestasi sangat membanggakan bagi masyarakat Indonesia,” kata Menpora menambahkan.

Prestasi yang ditorehkan Rio ini membuktikan bahwa talenta Indonesia mampu bersaing dengan atlet-atlet luar negeri, khususnya di cabang olahraga surfing. Meskipun di Indonesia sendiri olahraga ini belum terlalu populer dan digemari masyarakat seperti cabang olahraga lainnya.

Baca Juga: Atlet Indonesia Peraih Medali SEA Games 2021 Dapat Bonus Ratusan Juta, Taekwondoin Malaysia: Wow, Mereka Jadi Jutawan

Komentar