Peneliti UI Temukan Khasiat Daun Sirsak Untuk Kanker Usus Besar

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Peneliti UI Temukan Khasiat Daun Sirsak Untuk Kanker Usus Besar
Ilustrasi mengkudu. (Shutterstock)

Dapat menghambat perkembangan sel kanker usus besar.

Suara.com - Khasiat daun sirsak di dunia pengobatan kini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh doktor ilmu gizi Lili Indrawati dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Dalam penelitiannya, ia menemukan bahwa daun sirsak terbukti dapat menghambat perkembangan sel kanker pada kasus kanker kolorektal atau usus besar.

Untuk mendapatkan temuan ini Lili melakukan pengujian terhadap 30 responden yang merupakan pasien kanker usus besar dalam dua kelompok. Sebanyak 15 responden pada kelompok pertama diberi ekstrak daun sirsak sebanyak tujuh gelas sehari. Sementara kelompok kedua hanya diberi plasebo.

"Sel kanker pada responden yang diberi esktrak daun sirsak terbukti terhambat sebanyak 17 persen," ujar Lili dalam hasil disertasinya.

Dosis ini, lanjut dia, hanya berlaku untuk kasus kanker stadium dini. Sementara pada stadium lanjut, kata Lili, pasien harus mengonsumsi sebanyak 210 gelas ekstrak sirsak per hari.

Ia juga mengingatkan bahwa penggunaan daun sirsak ini sifatnya hanya sebagai pengobatan tambahan atau pendampingan. Pengobatan medis tetap diperlukan untuk mengobati kasus kanker.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS