alexametrics

Microsoft Beli LinkedIn, Satu Pengguna Dihargai Rp800.000

Liberty Jemadu
Microsoft Beli LinkedIn, Satu Pengguna Dihargai Rp800.000
Tampilan website media sosial LinkedIn (Shutterstock).

Usai pembelian harga saham LinkedIn naik 49 persen, sementara saham Microsoft turun 3 persen.

Suara.com - Microsoft akan membeli media sosial khusus profesional, LinkedIn dengan harga 26,2 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp349 triliun, demikian diumumkan kedua perusahaan Senin (13/6/2016).

Dalam proses akuisisi itu Microsoft membeli saham LinkedIn dengan harga 196 dolar AS - sekitar Rp2,6 juta - per lembar. Usai pembelian harga saham LinkedIn naik 49 persen, sementara saham Microsoft turun 3 persen.

LinkedIn sendiri, yang didirikan pada 2002, sejauh ini telah memiliki 430 juta pengguna dan dengan demikian pembelian itu berarti satu pengguna LinkedIn dihargai lebih dari 60 dolar AS (sekitar Rp800.000).

"Kesepakatan ini telah berhasil mempersatukan pemimpin dalam teknologi komputasi awan dan pemimpin dalam jejaring sosial profesional," kata Satya Nadella, CEO Microsoft.

Nadella menambahkan bahwa LinkedIn telah membangun sebuah bisnis yang fantastis dan sebuah jejaring besar yang terdiri dari 433 profesional di dunia. Ia berjanji bahwa LinkedIn akan tetapi independen dan CEO Jeff Weiner, akan tetap menjabat sebagai pemimpin perusahaan itu.