alexametrics

Saingi iPhone X, Samsung Galaxy S9 Bakal Punya Fitur Ini

Dythia Novianty
Saingi iPhone X, Samsung Galaxy S9 Bakal Punya Fitur Ini
Logo Samsung Galaxy. [Shutterstock]

Kembali muncul rumor seputar Samsung Galaxy S9 dan kali ini adalah fitur yang akan disematkan dan disinyalir untuk menyaingi iPhone X.

Suara.com - Semakin dekat dengann peluncurannya, beberapa rumor muncul seputar Galaxy S9. Setelah kabar smartphone flagship Samsung akan resmi dirilis 25 Februari mendatang, muncul rumor sejumlah fitur yang akan disematkan.

Info tersebut berasal dari APK Android Oreo beta terbaru untuk Galaxy Note 8, yang dilakukan oleh SamCentral. Serupa dengan kebocoran HomePod tahun lalu yang banyak mengungkap rahasia iPhone X, kode dalam versi beta ini berisi referensi beberapa fitur yang belum ada dan karena itu mungkin akan datang ke Galaxy S9.

Fitur-fitur ini meliputi pengenalan wajah "Intelligent Scan", stiker 3D dan mode kamera shot-tagging.

Intelligent Scan mungkin merupakan metode baru untuk otentikasi biometrik yang menggabungkan pemindaian iris dan pengenalan wajah untuk keamanan ekstra. Menurut kodenya, sepertinya Intelligent Scan bisa digunakan untuk melakukan hal-hal seperti membuka kunci ponsel atau masuk ke situs web.

Baca Juga: Inikah Tampang Asli Samsung Galaxy S9?

Tampaknya, fitur itu juga bekerja dengan baik dalam kondisi cahaya rendah atau terang dimana pemindaian normal iris dan pengenalan wajah normal mungkin akan terjadi. Bisa dilihat dari cuplikan video di bawah:

Sepertinya, kehadiran Intelligent Scan adalah tanggapan langsung Samsung terhadap Face ID milik iPhone X. Galaxy S9 akan menjadi ponsel andalan Samsung pertama sejak Apple merilis iPhone X.

Face ID mendapat banyak perhatian sejak rilis iPhone X dan ini membuat Samsung mencoba menunjukkan bahwa Galaxy S9 menawarkan semua yang dimiliki iPhone X dan mungkin lebih. Kode Samsung bahkan menyebutkan bahwa Intelligent Scan berfungsi segera setelah layar ponsel dinyalakan tanpa menggesek atau menekan tombol apapun, seperti Face ID.

Stiker 3D Samsung dan penandaan shot berkisar pada fungsi fotografi. Menurut kode tersebut, stiker 3D menggunakan dua kamera ponsel. Perlu diingat, kamera ganda dikabarkan akan hadir di Galaxy S9 Plus, berfungsi untuk merasakan kedalaman dan menambahkan stiker atau gambar ke foto Anda.

Baca Juga: Undangan Sudah Disebar, Samsung Galaxy S9 Meluncur 25 Februari

Ini mungkin akan seperti stiker 3D Snapchat, namun dibangun di dalam Galaxy S9 Plus Anda. Tag shot, di sisi lain, sepertinya menanamkan informasi seperti lokasi dan kondisi cuaca ke dalam foto. Menariknya, ini juga menyerupai fitur Snapchat.