Bikin Ngakak, Google Sindir Kaum Bumi Datar

Dythia Novianty | Aditya Gema Pratomo
Bikin Ngakak, Google Sindir Kaum Bumi Datar
Ilustrasi Google Translate. [Shutterstock]

Google Translate biasanya digunakan untuk menerjemahkan sebuah bahasa, tapi kali ini justru menyindir salah satu kaum.

Suara.com - Google Translate biasanya digunakan untuk menerjemahkan sebuah bahasa. Namun, bagaimana jadinya bila platform ini ternyata dapat menyindir sebuah kaum tertentu, yakni kaum Bumi Datar.

Ditemukan pertama kali di sebuah thread di forum Reddit, Google Translate terlihat seperti menyindir penganut Bumi datar.

Seperti dikutip dari Cnet, ketika seseorang menulis "I am a flat-Earther" untuk diterjemahkan ke bahasa Prancis, hasilnya akan membuat tertawa. Sebab, hasilnya dalam bahasa Prancis adalah "Je suis un fou" yang berarti "Saya gila".

Temuan tersebut sontak menbuat para warganet curiga bahwa ini adalah keisengan yang dilakukan Google. Di Twitter misalnya, para warganet ramai membicarakan kejadian ini.

Namun, hal itu langsung dibantah oleh Google. Melalui sebuah pernyataan, perusahaan yang berbasis di Mountain View itu mengatakan hal tersebut adalah kesalahan sistem.

"Proses terjemahan bekerja dari jutaan pola terjemahan di seluruh dunia. Sayangnya, beberapa pola bisa saja salah. Kami sudah memperbaikinya," kata Google.

Teori Bumi datar memang kerap menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Menurut astrofisikawan Neil deGrasse Tyson, meningkatnya penganut Bumi Datar disebabkan oleh sistem pendidikan yang salah.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS