Koko, Gorila yang Bisa Bicara dengan Bahasa Isyarat, Mati

Liberty Jemadu
Koko, Gorila yang Bisa Bicara dengan Bahasa Isyarat, Mati
Koko, gorila betina yang disebut pandai berkomunikasi dengan manusia dalam bahasa isyarat. [YouTube/kokoflix]

Koko, nama gorila betina itu, disebut mengerti sekitar 2000 kata bahasa Inggris.

Suara.com - Koko, gorila betina yang bisa berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa isyarat, mati pada usia 46 tahun. Ia mati pada Selasa (19/6/2018) ketika sedang tidur, demikian diumumkan The Gorilla Foundation seperti dilansir CNN.

"Koko telah menyentuh hidup jutaan orang ketika menjalankan peran sebagai duta gorilla dan ikon bagi komunikasi antarspesies," bunyi pernyataan yayasan tersebut, "Ia dicintai dan akan sangat dirindukan.

Dilahirkan di Kebun Binatang San Francisco, Amerika Serikat pada 1971, Koko mulai belajar bahasa isyarat pada usia muda.

Pada 1974 ia dipindahkan ke Stanford oleh sejumlah peneliti dan di tempat itu pula mereka mendirikan The Gorilla Foundation, yayasan yang bekerja untuk melindungi dan melestarikan gorila di dunia.

Koko, menurut yayasan itu, suka membaca dan senang jika dibacakan cerita. Ia akan mengeluarkan suara unik, seperti berbisik, ketika menemukan bagian cerita yang digemarinya.

Menurut The Gorilla Foundation, Koko memahami sekitar 2000 kata bahasa Inggris dan cukup bisa memahami jika diajak berkomunikasi dalam bahasa isyarat.

Koko disebut memiliki IQ antara 75 hingga 95. Rata-rata manusia memiliki skor IQ sekitar 100, meski sebagian besar orang hanya berIQ di kisaran 85 - 115.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS