Alibaba Siap Luncurkan Satelit dan Stasiun Ruang Angkasa Mini

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Alibaba Siap Luncurkan Satelit dan Stasiun Ruang Angkasa Mini
Ilustrasi logo perusahaan Alibaba di sebuah gedung di Beijing, Cina. (Shutterstock)

Alibaba Group mengumumkan akan meluncurkan stasiun ruang angkasa mini dan rencana peluncuran satelit komunikasi.

Suara.com - Alibaba Group mengumumkan akan meluncurkan stasiun ruang angkasa mini dan rencana peluncuran satelit komunikasi, terkait dengan festival belanja tahunan yang dijadwalkan pada 11 November mendatang.

Stasiun ruang angkasa mini yang dijuluki Candy Tin itu diluncurkan pada 25 Oktober dari Taiyuan, Provinsi Shanxi, telah diposisikan di orbit dan didukung oleh Commsat Technology Development Co, sebuah operator konstelasi satelit kecil yang berbasis di Beijing.

Sementara itu, satelit komunikasi Tmall Global dijadwalkan untuk diluncurkan hanya beberapa hari menjelang festival belanja 11 November, yang dikenal sebagai Singles Day. Peluncuran ini juga memperingati 10 tahun sejak astronot Cina pertama pergi ke luar angkasa.

Menurut perusahaan, salah satu tujuan utama dari rencana ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna selama event berlangsung. Disebutkan bahwa teknologi ruang angkasa tersebut akan lebih baik melayani integrasi interaksi belanja online dan offline di seluruh dunia.

Satelit tersebut dikabarkan akan mengorbit Bumi sekali setiap 90 menit dan menyiarkan pesan-pesan sentimental kepada konsumen ketika satelit melewati lokasi mereka. Pengguna juga dapat mengakses fitur melalui aplikasi Taobao.

Meski begitu, pihak Alibaba sendiri tidak mengungkapkan fungsi dari stasiun ruang angkasa mini yang telah diluncurkan.

Dilansir dari The Straits Times, seorang direktur Pusat Penelitian E-Commerce Cina, Cao Lei, melihat tidak adanya hubungan langsung antara peluncuran satelit dan peningkatan dalam pengalaman pelanggan untuk festival belanja. Alibaba sendiri merekrut sekitar 180.000 merek dari dalam dan luar negeri untuk menawarkan diskon kepada pembeli.

Untuk saat ini, pihak Alibaba belum memberikan komentar tambahan mengenai hal tersebut.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS