Dark Mode Pada Android Q Hemat Daya hingga 50 Persen

Rully Fauzi | Tivan Rahmat
Logo Android Q, [Foto: Techadvisor]
Logo Android Q, [Foto: Techadvisor]

Meski Android Pie belum lama meluncur, Google ternyata sudah menggarap sistem operasi anyar, yakni Android Q.

Suara.com - Meski sistem operasi Android Pie belum lama meluncur, Google ternyata sudah menggarap sistem operasi anyar, yakni Android Q.

Menurut laporan Phone Arena, salah satu fitur besar yang akan ada pada Android Q adalah dark mode alias moda gelap. Konon, fitur tersebut bisa menekan pemakaian konsumsi daya smartphone hingga 50 persen.

Sebelum sampai pada kesimpulan tersebut, Phone Arena sendiri terlebih dahulu melakukan uji coba dengan menggunakan Google Pixel 3. 

Pada tes itu, tingkat kecerahan layar pada perangkat mulanya diatur pada kecerahan rata-rata di titik yang tetap. Selanjutnya, mereka mengubah tema antarmuka smartphone ke dark mode. Hasilnya, aplikasi bawaan ponsel bisa dijalankan dengan pemakaian daya yang lebih irit hingga 50 persen!

Sedangkan aplikasi yang diujicobakan meliputi kontak buku telepon, menu panggilan, penelusuran internet via Google, hingga membuka menu pengaturan. Khusus saat digunakan untuk browsing, dark mode berhasil menurunkan konsumsi daya hingga 30 persen. 

Sementara saat dipakai untuk menjalankan aplikasi dari pihak ketiga (unduh dari Google Playstore), dark mode bisa mereduksi pemakaian baterai hingga mencapai 20 persen.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS