BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir Tiga Hari ke Depan

Liberty Jemadu
BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir Tiga Hari ke Depan
Ilustrasi petir (shutterstock)

Hingga Kamis (21/2/2019) hujan lebat disertai angin dan petir diperkirakan terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Suara.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca yang masih berpotensi hujan lebat untuk beberapa wilayah di Indonesia tiga hari ke depan hingga Kamis (21/2/2019).

Kabag Humas BMKG Taufan Maulana, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa menyebutkan, pada Selasa (19/2/2019 ) beberapa wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat, yakni Sumatera Utara, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Untuk hari yang sama wilayah Indonesia juga berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

Pada Rabu (20/2/2019 ) hujan lebat diperkirakan mengguyur Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Hujan lebat disertai angin kencang serta petir/kilat, berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan Kamis (21/2/2019) untuk beberapa daerah berpotensi diguyur hujan lebat, yaitu Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Pada hari yang sama hujan lebat yang disertai angin kencang dan kilat/petir berpotensi terjadi di Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah.

BMKG mengimbau pada masyarakat yang berada di wilayah yang berpotensi hujan lebat bahkan disertai angin kencang dan petir/kilat untuk berhati-hati jika beraktivitas di luar ruangan. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS