Virgin Galactic Sukses Bawa Penumpang Wisata ke Luar Angkasa

Silfa Humairah Utami | Tivan Rahmat
Virgin Galactic Sukses Bawa Penumpang Wisata ke Luar Angkasa
Ilustrasi wisata ke luar angkasa. [Shutterstock]

Apa saja yang dipersiapkan Virgin Galactic untuk membawa turis ke luar angkasa?

Suara.com - Virgin Galactic Sukses Bawa Penumpang Wisata ke Luar Angkasa.

Perusahaan Pesawat Virgin Galactic milik taipan kaya Richard Branson sukses menerbangkan penumpang pertama ke luar angkasa dalam uji coba terbarunya.

Sebagaimana dikutip dari Reuters pada Minggu (24/2/2019), Chief Astronaut Instructor Virgin Galactic Beth Moses yang akan ditugaskan untuk melatih para turis antariksa, berperan sebagai penumpang pesawat VSS Unity dan diberikan mandat untuk mengevaluasi kabin dan pengalaman penumpang.

"Kru pesawat menikmati pemandangan luar biasa Bumi dari angkasa dan merasakan pengalaman mengapung di udara selama beberapa menit," tulis Virgin Galactic dalam keterangan resminya.

Sebelum mengangkasa, pesawat pengangkut WhiteKnightTwo terbang dari landasan Mojave Air and Space Port di California, Amerika Serikat. Pesawat yang dibawanya, SpaceShip Two VSS Unity yang membawa penumpang kemudian dilepaskan di ketinggian sekitar 13 kilometer sampai akhirnya, VSS Unity meninggalkan permukaan Bumi dengan ketinggian 88 kilometer.

"Inilah apa yang kami lakukan, untuk menerbangkan orang di pesawat kami. Jadi ini adalah langkah yang penting menuju operasi terebut," ungkap David Mackay, pilot yang menerbangkan VSS Unity.

Sementara itu, uji coba VSS Unity juga sempat dilakukan pada Desember 2018. Kala itu, VSS Unity sudah terbang dalam uji coba sampai ketinggian 82,7 kilometer.

Di atas, ketinggian tersebut berhasil menembus tepian angkasa yang diklaim pemerintah Amerika Serikat berada di ketinggian 80 kilometer dari permukaan Bumi. Namun saat itu, VSS Unity belum membawa penumpang.

Di sisi lain, Moses menyebut pengalaman pertamanya menembus antariksa sebagai hal yang sulit untuk dideskripsikan. "Richard, kau akan menyukainya," ujarnya.

Setelah Moses, Richard Branson rencananya akan mencoba sendiri terbang menumpangi pesawat canggih tersebut, sampai akhirnya dikomersialkan untuk warga sipil. Untuk terbang ke luar angkasa, Virgin Galactic memasang tarif sebesar USD 250 ribu per orang.

Menariknya, Kemudian mungkin para calon turis angkasa yang sudah mendaftar sejak jauh-jauh hari, dengan biaya sekitar USD 250 ribu atau sekitar Rp 3,5 miliar per orang.

Selain Virgin Galactic, ada beberapa perusahaan lain yang menawarkan wisata ke luar angkasa, yaitu SpaceX kilik Elon Musk dan Blue Origin kepunyaan orang terkaya di dunia, Jeff Bezos.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS