Nvidia dan Intel Bersaing Rebut Produsen Chip Israel, Mellanox

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Nvidia dan Intel Bersaing Rebut Produsen Chip Israel, Mellanox
Kantor pusat Mellanox di Yokneam Illit, Israel. [Shutterstock]

Nvidia mengajukan penawaran lebih dari 7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 99,8 triliun untuk membeli Mellanox.

Suara.com - Dua produsen kelas kakap di bidang chispet komputer, Nvidia dan Intel, saling bersaing untuk mengakuisisi perusahaan pembuat chip asal Israel, Mellanox yang dikenal sebagai produsen chip dengan tingkat komputasi tinggi dan juga chip untuk jaringan.

Menurut laporan Engadget yang dikutip pada Senin (11/3/2019), Nvidia mengajukan penawaran lebih dari 7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 99,8 triliun untuk membeli Mellanox.

Seandainya tawaran tersebut benar adanya, investasi Nvidia untuk Mellanox jauh lebih besar ketimbang nilai penawaran Intel yang mencapai 6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 85,5 triliun.

Menariknya, Nvidia belum memberikan keterangan terkait ketertarikannya terhadap perusahaan Israel tersebut.

Namun dari sudut pandang bisnis, keputusan Nvidia tersebut bisa membantu mereka dalam pembangunan server, komputer super, dan beberapa penggunaan lain yang membutuhkan sejumlah prosesor, termasuk untuk mengembangkan mobil swakemudi.

Di sisi lain, Intel tertarik untuk mengakuisisi Mellanox sebagai bagian dari langkah defensif perusahaan jika tertimpa hal buruk. Singkatnya, Mellanox dijadikan sebagai ban cadangan jika Intel mengalami krisis.

Persaingan antara Nvidia dan Intel ini kian menarik karena keduanya sedang mengembangkan teknologi InfiniBand yang dipakai untuk menghubungkan sejumlah cluster komputer.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS