alexametrics

Ilmuwan Berhasil Temukan Kerangka T-Rex Terbesar di Dunia

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ilmuwan Berhasil Temukan Kerangka T-Rex Terbesar di Dunia
Ilustrasi fosil Tyrannosaurus Rex (T-Rex). [Shutterstock]

Sebuah kerangka dinosaurus T-Rex yang ditemukan hampir 30 tahun lalu telah dinobatkan sebagai T-Rex terbesar di dunia.

Suara.com - Sebuah kerangka dinosaurus T-Rex (Tyrannosaurus Rex) yang ditemukan hampir 30 tahun lalu telah dinobatkan sebagai T-Rex terbesar di dunia. Pengukuran kerangka tersebut dilakukan oleh ahli paleontologi sekaligus pemimpin penelitian tersebut yang bernama Scott Persons dari University of Alberta.

Fosil yang disebut Scotty tersebut sebelumnya dikenal sebagai spesimen RSM P2523.8. Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal The Anatomical Record pada 21 Maret lalu, mengkonfirmasi bahwa dinosaurus ini lebih besar dari perkiraan para ilmuwan sebelumnya.

Scotty sendiri ditemukan di dekat Eastend, Saskatchewan, Kanada bagian barat pada tahun 1991. Ilmuwan membutuhkan waktu beberapa tahun untuk benar-benar mengangkatnya ke atas karena fosil tersebut tertimbum di dalam batu pasir yang padat seperti semen.

Ilustrasi arkeolog menemukan fosil dinosaurus. [Shutterstock]
Ilustrasi arkeolog menemukan fosil dinosaurus. [Shutterstock]

Pada tahun 1994, Scotty secara resmi dapat diteliti dan dipamerkan ke publik. Kini para ilmuwan berhasil memulihkan sekitar 65 persen bagian tubuh dari spesimen.

Baca Juga: Tercyduk! Remaja Ini Lakukan 185 Order Fiktif

"Studi sekarang ini adalah yang pertama menawarkan pengukuran kerangka yang terperinci dan akurat, termasuk analisis komparatif dengan T-Rex yang lain," ucap Persons, seperti yang dikutip dari Gizmochina.

Tulang Scotty memiliki berat 19.555 pon atau 8.870 kilogram dan menjadikannya sebagai raja T-Rex terbesar yang pernah diketahui manusia. Dengan panjang 13 meter, Scotty mungkin bukan T-Rex tertinggi atau terpanjang yang pernah hidup, namun fosil tersebut sangat besar mengingat massa tubuhnya.

Komentar