Ingin Bangun Startup? Ini Tips dari Triawan Munaf

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
Ingin Bangun Startup? Ini Tips dari Triawan Munaf
Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih diwarnai ketimpangan. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Adhitya Himawan].

"Yang penting adalah berani mencoba dan pantang putus asa." Triawan Munaf.

Suara.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan bahwa untuk membangun startup, pengusaha di bidang ini setidaknya harus memiliki dua hal seperti dipaparkannya selepas menghadiri acara Thinkubator Startup Competition di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

"Rasio kesuksesan startup di Indonesia sekarang, tidak beda jauh dengan jenis usaha lainnya yang bersifat konvensional. Bagi pegiat startup, yang penting adalah berani mencoba dan pantang putus asa," ujar Triawan Munaf.

Menurut ayah kandung penyanyi Sherina Munaf itu, pengusaha startup jangan terlalu berorientasi pada hasil atau keuntungan semata.

Triawan Munaf, Kepala Bekraf [Suara.com/Tivan Rahmat].
Triawan Munaf, Kepala Bekraf [Suara.com/Tivan Rahmat].

"Yang penting mereka mencoba dulu dan tidak langsung putus asa. Tidak mesti semuanya jadi unicorn, punya 1 juta dolar juga sudah bagus," imbuh Triawan Munaf.

Berbicara soal startup unicorn, Triawan Munaf menilai bahwa standarisasi predikat ini tidak bisa digeneraliasi di seluruh dunia, mengingat iklim ekonomi di setiap negara berbeda.

"Sebetulnya untuk Indonesia, (unicorn) jangan sampai 1 miliar dolar Amerika (AS). Bila 100 juta dolar AS juga sudah masuk unicorn seharusnya karena kita tidak apple to apple," tegasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS