Proyek Baru, Tesla Siapkan Baterai yang Bertahan 1,6 Juta Kilometer

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Proyek Baru, Tesla Siapkan Baterai yang Bertahan 1,6 Juta Kilometer
Ilustrasi logo Tesla. [Shutterstock]

Tesla dikabarkan tengah mengerjakan sebuah proyek untuk menciptakan baterai dengan daya tahan panjang.

Suara.com - Sebagai upaya untuk menjadi pionir mobil listrik masa depan, Tesla dikabarkan tengah mengerjakan sebuah proyek untuk menciptakan baterai yang dapat bertahan 1 juta mil atau 1,6 juta kilometer. Hal tersebut merupakan sebuah kabar baik, mengingat baterai mobil listik selama ini dikenal tidak dapat bertahan lama.

Proyek tersebut dikabarkan langsung oleh Elon Musk dalam acara Tesla Autonomy Event yang diselenggarakan pada hari Senin (22/4/2019).

"Mobil-mobil yang saat ini dibangun semuanya dirancang untuk satu juta mil operasi. Unit penggerak dirancang, diuji, dan divalidasi untuk 1 juta mil operasi," ucap Elon Musk.

Meskipun pada saat itu Elon Musk mengakui bahwa paket baterai tidak dibangun untuk bertahan 1 juta mil atau 1,6 juta kilometer, namun seminggu setelahnya Musk mengatakan bahwa perusahaannya membangun Tesla Model 3 agar semua unit penggerak dapat bertahan dalam 1 juta mil.

Baterai lithium ion bikinan Tesla yang berkapasitas 100 megawatt sudah mulai beroperasi di Australia Selatan dan akan menyediakan listrik bagi 30.000 rumah di kawasan itu. [AFP/Neoen]
Baterai lithium ion bikinan Tesla yang berkapasitas 100 megawatt. [AFP/Neoen]

Modul baterainya harus dapat bertahan antara 300 ribu hingga 500 ribu mil atau 482 ribu hingga 804 ribu kilometer. Pada saat itu, Musk juga mengatakan bahwa Tesla berencana untuk menyediakan penggantian modul baterai. Kini, Musk menambahkan bahwa terdapat paket baterai baru Tesla yang akan bertahan selama 1 juta mil.

"Paket baterai baru yang mungkin akan diproduksi tahun depan dirancang secara eksplisit untuk operasi satu juta mil," jelas Elon Musk, seperti yang dikutip dari Electrek.

Proyek ini juga ikut mendukung efisiensi Robotaxi Tesla di masa depan. Robotaxi Tesla sendiri merupakan kendaraan ride-sharing otonom yang diharapkan akan menjadi kendaraan di masa depan. Kendaraan tersebut dijadwalkan akan diproduksi secara massal pada tahun 2020 mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS