Tips Membuat Video Slow Motion dengan Ponsel

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Tips Membuat Video Slow Motion dengan Ponsel
Realme 3 Pro akan diluncurkan di Indonesia pada 8 Mei 2019. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Beberapa kamera ponsel sudah bisa membuat video gerak lambat alias slow motion.

Suara.com - Teknologi yang semakin berkembang dan beberapa kamera ponsel sudah bisa membuat video gerak lambat alias slow motion. Salah satu ponsel yang sudah dilengkapi dengan fitur slow motion adalah realme 3 Pro.

Kabar baiknya, Camera Developer of Realme Research & Development Team Chandler Qian memberikan tips membuat video slow motion dengan ponsel, khususnya realme 3 Pro.

Pencahayaan Cukup

Cahaya di sekililing obyek video menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas video slow motion.

Semakin banyak cahaya, semakin terang dan jelas video yang dihasilkan. Namun jika merekam dalam kondisi minim cahaya, hasil video slow motion dipenuhi bintik-bintik atau noise dan obyek menjadi buram.

Sementara di realme 3 Pro sendiri, video slow motion bisa direkam hingga 960 fps (frame per second). Ringkasnya, ada 960 frame foto yang dihasilkan dalam satu detiknya.

Hasil foto kamera Realme 3 Pro ketika diuji pada Selasa malam (30/4/2019) di Jakarta. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Hasil foto kamera Realme 3 Pro ketika diuji pada Selasa malam (30/4/2019) di Jakarta. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Secara teknis, semakin tinggi angka fps, maka gerak lambat video akan semakin mulus. Namun imbasnya, kamera ponsel memerlukan pencahayaan lebih besar agar bisa menghasilkan video slow motion yang paripurna.

Timing yang Tepat

Saat akan mengambil gerakan lambat sebuah obyek, pengguna ponsel harus mengetahui dan menentukan momen puncak untuk untuk merekamnya dengan mode slow motion.

"Saat objek bergerak Anda harus mengambil start yang pas karena ada jeda sekitar 3 detik saat pengambilan video," jelas Chandler Qian di Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Contohnya ketika akan merekam seseorang yang sedang melakukan jugling bola, sebaiknya perekaman dilakukan sebelum momen puncak yakni ketika orang itu hendak melempar bolanya. Hasilnya, gerakan lambat akan terjadi saat bola dilempar dari titik terendah hingga titik tertinggi.

Fokus

Menentukan titik fokus kamera ponsel melalui indikator diperlukan untuk mendapatkan hasil video slow motion yang prima dan tidak buram atau blur.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS