facebook

Instagram Ungkap Perilaku Pembeli Online Shop di Indonesia

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Instagram Ungkap Perilaku Pembeli Online Shop di Indonesia
Logo Instagram. [Shutterstock]

Instagram bekerja sama dengan IPSOS Indonesia melakukan survei terhadap pengguna bagi para pengguna profil bisnis.

Suara.com - Instagram bekerja sama dengan IPSOS Indonesia melakukan survei terhadap pengguna Instagram, khususnya bagi para pengguna profil bisnis.

Profil bisnis di Indonesia sendiri merupakan terbesar ke lima di dunia, dengan Amerika Serikat diurutan pertama, disusul oleh Inggris, Rusia, dan Brasil, yang memiliki total sekitar 25 juta akun bisnis.

Melihat tingginya angka tersebut, survei yang dilakukan pada Agustus 2018 menyebutkan bahwa sebanyak 90 persen responden mengatakan bahwa mereka menggunakan Instagram untuk berkomunikasi. Sementara itu, 78 persen mengatakan pernah membeli suatu produk dari dari akun bisnis setelah menemukan akun tersebut, dan 66 persen responden mempertimbangkan untuk membeli sebuah produk setelah melihat produk tersebut di Instagram.

Survei itu sendiri dilakukan kepada 3.000 pengguna Instagram di Indonesia. Tak hanya itu, sebanyak 81 persen pengguna menggunakan Instagram untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Instagram Sembunyikan 'Like', Bagaimana Fitur Ini Bikin Ketagihan Pengguna?

Di sisi lain, Instagram juga mempengaruhi para pengguna profil bisnis di bawah usia 35 tahun. Sebanyak 82 persen setuju bahwa Instagram membantu mereka mencapai target bisnis. Sementara, 63 persen pengusaha muda mengaku Instagram membantu dalam peluncuran dan kesuksesan usaha baru, 74 persen setuju usaha yang didirikan berkembang pesat karena akun Instagram mereka, dan 71 persen setuju bahwa Instagram memberi kekuatan untuk membangun bisnis sesuai keinginan mereka.

Oleh karena itu, Instagram Indonesia sendiri akan meluncurkan program Akademi Instagram yang menjangkau sekitar 1.000 wirausahawan muda yang telah menjalankan bisnis di Instagram setidaknya selama satu tahun.

Logo Instagram. [Shutterstock]
Logo Instagram. [Shutterstock]

Program Akademi Instagram ini merupakan program pertama kali yang dilakukan Instagram secara global, di mana pihak Instagram memilih Indonesia sebagai negara pertama.

"Kami sangat senang dapat meluncurkan program Akademi Instagram pertama kalinya di Indonesia. Program ini adalah salah satu bentuk komitmen berkelanjutan kami dalam menginspirasi dan mendorong para wirausahawan untuk mencapai kesuksesan bisnis mereka," ucap Ferdy Nandes, Kepala Bagian Bisnis Berkembang & UKM Facebook dan Instagram, dalam pernyataannya pada acara peluncuran program Akademi Instagram di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Lebih lanjut, program ini akan dilaksanakan di tiga kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Nantinya, peserta akan mendapatkan materi seputar pengelolaan akun bisnis di Instagram.

Baca Juga: Instagram Hilangkan Fitur yang Paling Bikin 'Nagih', Gimana Hasilnya?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar