Lima Hewan Ini Punya Ingatan Lebih Baik dari Manusia

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Lima Hewan Ini Punya Ingatan Lebih Baik dari Manusia
Ilustrasi kelompok simpanse (Shutterstock).

Beberapa hewan berikut ini justru punya daya ingat yang lebih baik, jika dibandingkan dengan manusia.

Suara.com - Manusia merupakan makhluk terpintar di muka Bumi karena dibekali otak untuk berpikir dan mengingat. Meski begitu, fungsi otak dalam mengingat, terkadang berkurang seiring dengan meningkatnya umur.

Di sisi lain, beberapa hewan berikut ini justru punya daya ingat yang lebih baik, jika dibandingkan dengan manusia, seperti yang dilansir dari Quora, Senin (12/8/2019).

Kera

Bangsa kera dan monyet punya ingatan yang baik ketimbang manusia. Sebagai contoh, seekor simpanse bisa mengingat gambar dalam waktu singkat.

Ilustrasi beberapa ekor monyet. [Shutterstock]
Ilustrasi beberapa ekor monyet. [Shutterstock]

Hasil ini didapat setelah para ilmuwan menguji simpanse tersebut melalui tes angka dan penghitungan teka-teki yang dijalankan melalui komputer. Oleh karena itu, para bangsa kera lebih cepat mempelajari dan memahami bahasa isyarat yang diberikan para pelatih di kebun binatang ketimbang hewan lainnya.

Kucing

Kucing juga memiliki ingatan yang baik. Mereka mampu dengan mudah mengingat peristiwa tertentu atau orang-orang di sekitar mereka.

Ilustrasi oren [shutterstock]
Ilustrasi oren [shutterstock]

Bahkan, tes telah membuktikan bahwa kucing peliharaan dapat dengan sempurna mengingat sepuluh menit terakhir apa yang mereka alami. Termasuk, jika mereka sedang teralihkan dengan hal lain.

Sedangkan pada penelitian lainnya menyimpulkan bahwa hewan mamalia ini memiliki ingatan ratusan kali lebih baik daripada anjing, dan puluhan kali lebih baik daripada hewan kelas primata (kera dan monyet).

Harimau

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS