Informasi Cara Membuat Hujan Buatan dengan Air Garam Cuma Hoaks

Liberty Jemadu
Informasi Cara Membuat Hujan Buatan dengan Air Garam Cuma Hoaks
Ilustrasi hujan. (Shutterstock)

Informasi cara memantik hujan buatan menggunakan air garam yang dijemur itu tidak mendasar dari sisi keilmuan.

Suara.com - Pekan kemarin santer beredar via aplikasi pesan dan media sosial informasi berisi cara membuat hujan buatan dengan memanfaatkan air garam dan kabar ini dipastikan sebagai hoaks alias bohong belaka oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG, Citeko, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Asep Firman Ilahi, menyebut bahwa pesan mengenai cara memunculkan hujan buatan di tengah musim kemarau yang dibuat oleh orang tidak bertanggungjawab itu adalah hoaks.

"Sebenarnya isi pesan Broadcast WhatsApp di atas sudah sering diluruskan, tapi masih berlanjut saja, hoaks itu," tegas Asep, Minggu (15/9/2019), seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, dari sisi keilmuan, kegiatan memunculkan hujan buatan menggunakan air garam yang dijemur itu tidak mendasar. Dia membeberkan dari kegiatan tersebut juga tidak menghasilkan perubahan suatu zat atau biasa disebut proses fisis.

"Dari sisi keilmuan, kegiatan tersebut sangat tidak mendasar. Proses fisis-nya tidak ada," kata Asep.

Pesan seruan untuk menciptakan hujan buatan yang sempat beredar di beberapa WhatsApp Group, bunyinya seperti di bawah ini:

"Darurat Kemarau Panjang !!
Sediakan baskom air yang dicampur garam dan diletakkan di luar rumah, biarkan menguap, jam penguapan air yang baik adalah sekitar pukul 11.00 - jam 13.00, dengan makin banyak uap air di udara semakin mempercepat kondensasi menjadi butir air pada suhu yang makin dingin di udara.
Dengan cara sederhana ini diharapkan hujan makin cepat turun, semakin banyak warga yang melakukan ini di masing-masing rumah, ratusan ribu rumah maka akan menciptakan jutaan kubik uap air di udara.
Lakukan ini satu rumah cukup satu ember air garam, Sabtu pukul 10 pagi serempak..
Mari kita sama-sama berusaha untuk menghadapi kemarau kian parah ini..
Mohon diteruskan..kesemua group
Terima kasih."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS