Membahayakan, Peretas Bisa Bajak Ponsel Lewat SIM Card

Agung Pratnyawan
Membahayakan, Peretas Bisa Bajak Ponsel Lewat SIM Card
Ilustrasi SIM Card. (Shutterstock)

Ternyata telah lama bercokol celah keamanan di SIM card.

Suara.com - Banyak yang dilakukan seorang peretas untuk membajak sebuah perangkat, termasuk ponsel. Bahkan ditemukan celah keamaan yang bisa bajak ponsel lewat SIM card.

Sebuah celah keamanaan ditemukan yang memungkinkan seorang peretas untuk membajak ponsel lewat SIM card.

Perusahaan kemanaan AdaptiveMobile Security mengungkapkan kalau ada celah kemanaan yang berpotensi membahayakan lebih dari 1 miliar SIM card.

AdaptiveMobile Security menyebutnya sebagai SimJacker, sebuah celah yang memungkinkan peretas untuk membajak ponsel tanpa sepengetahuan pemiliknya.

SimJacker ini memanfaatkan celah keamanan S@T Browser yang tertanam dalam SIM card. S@T Browser sebenarnya adalah fitur yang hanya diketahui operator seluler.

Baca Juga : Serem, Peretas Bisa Bobol iPhone Lewat Bug di iMessage

Fitur ini berfungsi untuk menjalankan beberapa perintah, beberapa di antaranya menampilkan pop up, memutar nada, menjalankan browser, dan lainnya.

Mengutip dari Phone Arena, AdaptiveMobile Security mengatakan kalau serangan ini bergantung pada teknologi jadul yang seharusnya dihapus.

Ilustrasi SIM Card. (Pixabay)
Ilustrasi SIM Card. (Pixabay)

SimJacker masih akan terus jadi ancaman yang membahayakan jika fitur S@T Browser ini masih digunakan dan ditanam dalam SIM card oleh operator seluler.

"Sekarang masalah ini telah terungkap, kami berekspektasi ada aktor jahat lainnya yang akan mencoba mengembangkan serangan ini ke area lain" ungkap Chief technology Officer AdaptiveMobile Security, Cathal Mc Daid.

Dengan celah keamanan ini, peretas bisa melancarkan serangan individu untuk mendapatkan lokasi pengguna, memata-matai ponsel, mengambil data, hingga melakukan penipuan.

Baca Juga : Harus Tahu, Ini Tanda Smartphone Kena Hack

"Kerentanan SimJacker dapat meluas kepada lebih dari 1 miliar ponsel secara global yang berpotensi berdampak pada negar-negara di Amerika, Afrika Barat, Eropa, Timur Tengah, dan setiap wilayah di dunia yang menggunakan SIM card," ungkap Cathal Mc Daid.

Pastinya pihak operator dan perusahaan keamanan tidak akan tinggal diam melihat celah keamanan SIM card yang bisa dimanfaatkan peretas untuk bajak ponsel ini. (HiTekno.com).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS