Arti Kode Eror di Google Play Store dan Cara Memperbaikinya

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Arti Kode Eror di Google Play Store dan Cara Memperbaikinya
Ilustrasi Google Play Store. [shutterstock]

Google Play Store terkadang menampilkan kode eror berupa angka.

Suara.com - Google Play Store terkadang menampilkan kode eror berupa angka yang tidak dipahami sebagian besar pengguna perangkat Android. Dilansir laman Android Authority, berikut daftar kode eror yang sering muncul di Google Play Store dan cara memperbaikinya:

1. Error 944

Error 944 adalah salah satu kode eror Google Play Store yang paling umum. Kode ini muncul ketika server Google Play Store sedang offiline atau mengalami beberapa masalah konektivitas. Pengguna cukup menunggu sebentar dan mencoba mengakses Play Store lagi.

2. Error 941 / 927 / 504 / 495 / 413 / 406 / 110 / rh01 / rpc:aec:0

Kode ini muncul ketika pengguna ingin mengunduh aplikasi dari Play Store namun tidak bisa. Untuk memperbaikinya, pengguna mungkin akan memerlukan ID Google baru.

Pertama, hapus data Google Play Store di Pengaturan > Aplikasi & Pemberitahuan > Lihat semua aplikasi > Google Play Store > Penyimpanan & cache > Kosongkan penyimpanan & Hapus cache.

Jika langkah tersebut tidak berhasil, pengguna bisa menghapus data dari Google Services Framework. Langkah ini akan memberi pengguna ID google baru di perangkat.

Pengguna harus menghapus akun Google dari perangkat > buka Pengaturan > Akun > Tambah Akun > Google.

3. Error DF-BPA-09

Kode ini biasanya muncul saat ada kesalahan ketika mencoba mengunduh aplikasi yang dibeli. Pengguna dapat melakukan penghapusan cepat data aplikasi.

Cukup hapus data di bawah Pengaturan Umum > Aplikasi & pemberitahuan > Lihat semua aplikasi > Kerangka Layanan Google > Penyimpanan & cache > Hapus penyimpanan & hapus cache.

4. Error DF-DLA-15

Kode Error DF-DLA-15 ini biasa muncul ketika pengguna ingin melakukan pembaruan aplikasi atau unduhan baru. Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah menghapus cache data dari aplikasi Play Store dan coba lagi.

Google Play Store, toko aplikasi khusus aplikasi-aplikasi Android (Shutterstock).
Google Play Store, toko aplikasi khusus aplikasi-aplikasi Android (Shutterstock).

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Lihat semua aplikasi > Google Play Store > Penyimpanan & cache > Kosongkan penyimpanan & kosongkan cache.

5. Error 103

Kode Error 103 muncul ketika ada masalah kompatibilitas antara perangkat dan aplikasi yang ingin diinstal. Biasanya, Google tidak akan mengizinkan pengguna untuk menginstal aplikasi yang tidak kompatibel, tetapi terkadang ada kesalahan server yang dapat menyebabkan masalah.

Sayangnya, tidak ada yang bisa pengguna lakukan untuk kode eror ini selain menunggu. Hal ini terjadi karena masalah server dari aplikasi. Google Play Store nantinya akan memperbarui sendiri untuk memastikan bahwa aplikasi kompatibel dengan perangkat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS