Potensi Pembeli Online sangat Besar, Ini Sejumlah Manfaat Website Bisnis

Fabiola Febrinastri
Potensi Pembeli Online sangat Besar, Ini Sejumlah Manfaat Website Bisnis
Ilustrasi bisnis online. (Shutterstock)

Jumlah transaksi e-commerce di Indonesia mencapai 18 juta pembeli pada 2015.

Suara.com - Teknologi kini memungkinkan Anda untuk menjangkau dunia secara luas. Jika Anda merupakan pebisnis yang ingin memperkenalkan produk atau jasa di dalam maupun luar negeri, maka Anda tentu akan memikirkan cara yang tepat.

Di era digital, perkembangan teknologi merupakan salah satu keuntungan besar bagi dunia bisnis. Kini banyak pebisnis yang mengandalkan digital dan online untuk meraih keuntungan dalam bisnis mereka.

Untuk keperluan promosi, pengembangan website sangat disarankan. Anda bisa memperkenalkan produk Anda secara khusus, sekaligus memperkenalkan perusahaan sebagai company profile. Cara ini jauh lebih murah, mudah, dan tepat sasaran ketimbang Anda melakukan promosi secara offline atau dari mulut ke mulut.

Manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari pengembangan website promosi?

1. Potensi pembeli online sangat besar
Sebuah penelitian menyebutkan, jumlah transaksi e-commerce di Indonesia mencapai 18 juta pembeli pada 2015. Jumlah nominal transaksinya sendiri diperkirakan akan mencapai 81 milliar dolar AS pada 2025, untuk total penjualan secara online.

Hal ini merupakan indikasi yang bagus tentang maraknya penjualan online di tahun-tahun mendatang. Dengan ikut terjun dalam bisnis online, maka Anda akan ikut menikmati kue keuntungan transaksi oline.

2. Meningkatkan kredibilitas bisnis Anda
Sebuah bisnis yang terpercaya pasti memiliki website berupa company profile dan promo-promo terkini. Hal ini jugalah yang bisa Anda lakukan saat membangun bisnis dan berniat mempromosikannya kepada konsumen. Sebelum bertransaksi, konsumen pasti ingin tahu lebih banyak tentang perusahaan Anda. Jika Anda bisa meyakinkan konsumen, mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.

3. Hemat biaya
Promosi yang dilakukan secara offline membutuhkan biaya besar, karena harus mempekerjakan tenaga. Sementara itu, tenaga manusia terbatas dan tak mampu bekerja selama 24 jam sehari.

Beda halnya dengan promosi secara online. Di website, Anda bisa memperkenalkan perusahaan Anda sekaligus melakukan promosi barang atau jasa yang Anda tawarkan. Promosi secara online ini bisa dibantu dengan mengoptimalkan kerja media sosial untuk mendukung bisnis Anda. Upaya ini bisa dilakukan selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

4. Selalu terhubung dengan konsumen
Karena konsumen bisa mengakses website Anda selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, maka Anda selalu terhubung dengan konsumen. Itu artinya, setiap informasi terbaru tentang produk dan layanan Anda akan cepat sampai kepada mereka. Jika mereka tertarik, maka Anda pun mendapatkan transaksi dengan cepat

5. Informasi penawaran istimewa atau diskon bisa segera sampai ke konsumen
Nah, jika Anda sudah memiliki website, maka layanan dan produk-produk terbaru bisa Anda tampilkan di sini. Anda pun bisa menawarkan keunggulan-keunggulan produk dan layanan Anda, sehingga konsumen mendapatkan informasi lengkap.

Langkah Membangun Website
Setelah cukup informasi soal membangun media promosi online, maka untuk mampu memperkenalkan perusahaan dan produk Anda secara tepat sasaran, Anda juga dituntut untuk bisa menemukan langkah-langkah awal sebelum membangun website. Ada 3 langkah yang bisa Anda tempuh, yaitu;

1. Tentukan tema, branding, dan fitur yang akan ditampilkan dalam website
Sebelum Anda membuat website, tentukan tema, branding, dan fitur yang akan ditampilkan. Ketiga hal tersebut sebaiknya dilakukan secara bersamaan. Ini juga termasuk logo dan tagline perusahaan.

Jika Anda menjual jasa, maka bisa disebutkan jasa apa saja, apa kelebihan jasa yang Anda tawarkan daripada perusahaan lain, dan mungkin diskon dan penawaran menarik lainnya. Demikian juga jika Anda menjual produk, lakukan hal yang sama.

Jangan lupa untuk memberikan kemudahaan bagi konsumen dalam menggunakan fitur-fitur yang Anda tetapkan dalam website.

2. Register nama domain dan hosting
Langkah selanjutnya, Anda bisa melakukan registrasi domain. Nama domain sebaiknya disesuaikan dengan nama bisnis Anda, sehingga mudah diingat konsumen.

Kemudian hosting. Hosting merupakan platform penyimpanan semua data di website Anda. Penentuan ide tentang website akan mempengaruhi hosting, seperti apa yang ingin Anda beli. Misalnya, Niagahoster menyediakan hosting murah seperti paket hosting bayi hingga bisnis dengan beragam fitur yang berbeda. Anda bisa menggunakan fitur gratis domain untuk pembelian hosting tertentu, sehingga menghemat biaya pengeluaran

3. Pilih platform yang tepat bagi website Anda
Setelah mendaftarkan domain dan membeli hosting, Anda harus menentukan mesin yang akan digunakan, misalnya CMS atau Content Management System.

Saat ini tersedia beberapa pilihan CMS, seperti WordPress, Joomla atau Drupal. CMS WordPress masih merupakan CMS terbaik, karena ramah bagi pengguna awal website sekaligus ramah SEO. Jika Anda ingin beli domain dengan harga yang murah dan beli hosting murah kualitas terbaik di Niagahoster, secara otomatis Anda akan mendapatkan CMS WordPress.

Dengan mengetahui sejumlah manfaat website pada keberhasilan sebuah bisnis, maka hal ini patut menjadi prioritas utama. Intinya adalah menemukan platform yang tepat bagi website Anda dan maksimalkan promosi secara online untuk mencapai keuntungan besar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS