Google Rayakan Hari Jadi Taman Nasional Lorentz Lewat Doodle, Ini Maknanya

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Google Rayakan Hari Jadi Taman Nasional Lorentz Lewat Doodle, Ini Maknanya
Taman Nasional Lorentz. [Google]

Google merayakan hari jadi Taman Nasional Lorentz yang terletak di Papua, Indonesia.

Suara.com - Google merayakan hari jadi Taman Nasional Lorentz yang terletak di Papua, Indonesia, lewat doodle yang muncul di halaman awal pencarian. Kawasan lindung terbesar di Asia Tenggara ini membentang lebih dari 9.600 mil persegi dan berada tepat di persimpangan dua lempeng benua yang bertabrakan.

Doodle tersebut menampilkan pemandangan hutan, pohon, dan pegunungan, serta burung elang yang bertengger di sebuah ranting kayu. Tulisan Google diletakkan di bawah bagian doodle dengan warna biru kehijauan yang senada.

Menurut laman resmi Google doodle, Taman Nasional Lorentz berisi beberapa ekosistem termasuk padang rumput, rawa-rawa, hutan hujan, dan Puncak Jaya yang dikenal sebagai puncak tertinggi di Asia Tenggara.

Taman Nasional Lorentz juga merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Pasifik. Kawasan ini juga merupakan salah satu di antara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis.

Membentang dari puncak gunung yang diselimuti salju, hingga membujur ke perairan pesisir pantai dengan hutan bakau dan batas tepi perairan Laut Arafura.

Tak hanya itu, Taman Nasional Lorentz juga memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan ditunjang keanekaragaman budaya di sekitarnya. Diperkirakan kebudayaan tersebut berumur 30.000 tahun dan merupakan tempat kediaman Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan, dan Suku Asmat. Kemungkinan masih ada lagi masyarakat yang hidup terpencil di hutan belantara ini yang belum mengadakan hubungan dengan manusia modern.

Taman Nasional Lorentz. [Indonesia tourism]
Taman Nasional Lorentz. [Indonesia tourism]

Taman Nasional ini dinamai menggunakan nama Hendrikus Albertus Lorentz, seorang penjelajah Belanda yang mengunjungi daerah tersebut pada 1909. Lalu taman ini didirikan oleh pemerintah Indonesia pada 1997.

Kemudian taman ini juga masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1990 dan pada 2003, Taman Nasional Lorentz dilindungi oleh World Wildlife Federation (WWF). Taman Nasional Lorentz memiliki sekitar 630 spesies burung yang terdokumentasi dan 123 spesies mamalia.

Selain di Indonesia, Google doodle ini juga muncul di Republik Ceko. Doodle perayaan hari jadi Tanam Nasional Lorentz ini dibuat oleh seniman Alyssa Winans. Seperti yang diketahui, pengguna dapat menemukan berbagai berita mengenai Taman Nasional Lorentz hanya dengan mengeklik ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS