Duh! NASA Tunda Peluncuran JWST

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Duh! NASA Tunda Peluncuran JWST
James Webb Space Telescope. [NASA}

Hanya sebesar 12 persen peluang JWST untuk diluncurkan sesuai jadwal pada Maret 2021 mendatang.

Suara.com - NASA akan menunda peluncuran observatorium luar angkasa besar selanjutnya, James Webb Space Telescope (JWST). Disebut hanya sebesar 12 persen peluang JWST untuk diluncurkan sesuai jadwal pada Maret 2021 mendatang.

Penundaan dalam bentuk dokumen itu dirilis oleh lembaga pengawas pemerintah Goverment Accountability Office (GAO). Dalam angsuran tahun ini, GAO menemukan bahwa JWST memiliki anggaran yang tak terhitung jumlahnya.

NASA menghabiskan sekitar 9,7 miliar dolar AS untuk proyek tersebut, yang telah ditunda lebih dari enam tahun dalam dekade terakhir. Itu sangat berbeda ketika proyek pertama kali disetujui dengan dana 1 miliar dolar AS dan direncanakan untuk meluncur pada sekitar 2007 dan 2011.

Dilansir dari Space.com, laporan GAO juga menyebut bahwa terdapat dua masalah dengan sistem komunikasi teleskop yang ditemukan pada Maret dan April 2019 sehingga memakan waktu lebih banyak untuk perencanaan.

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA. (Shutterstock)
Badan antariksa Amerika Serikat, NASA. (Shutterstock)

"Proyek saat ini tidak bermaksud untuk mengubah tanggal kesiapan peluncuran, tetapi untuk menilai kelayakan tanggal kesiapan peluncuran pada musim semi 2020 setelah tugas teknis selesai," tulis laporan tersebut.

Dengan terpaksa, JWST kemungkinan besar akan diluncurkan pada Juli 2021 mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS