alexametrics

Cara Mudah Berbagi Kata Sandi Wi-Fi di Ponsel Android

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Mudah Berbagi Kata Sandi Wi-Fi di Ponsel Android
Ilustrasi wifi di smartphone. [Shutterstock]

Pengaturan Android tidak membiarkan pengguna melihat kata sandi Wi-Fi yang disimpan.

Suara.com - Pengaturan Android tidak membiarkan pengguna melihat kata sandi Wi-Fi yang disimpan. Tapi ada beberapa langkah mudah untuk melihatnya dan bahkan membaginya melalui kode QR.

Dilansir dari Android Pit, berikut cara mudah berbagi kata sandi Wi-Fi di Android:

1. Cara berbagi kata sandi Wi-Fi tersimpan di Android 10

Dalam sistem operasi terbaru, Google menambahkan fitur yang paling dicari pengguna untuk sistem operasi Android. Pengguna sekarang dapat dengan mudah melihat kata sandi Wi-Fi untuk jaringan apapun yang sebelumnya dihubungkan serta membagikan kata sandi melalui kode QR.

Baca Juga: Ucapan Duka dan Doa Warganet Antarkan Kepergian Gus Sholah

Untuk melakukannya, buka Seetings > Network and Internet. Ketuk Wi-Fi di bagian atas menu > pilih jaringan Wi-Fi yang ingin pengguna lihat kata sandinya. Pengguna akan melihat dua opsi utama dengan warna biru, Forget dan Share. Pilih opsi Share.

Pengguna perlu memverifikasi identitas dengan pengenalan wajah, sensor sidik jari, PIN, atau kata sandi. Sekarang pengguna dapat melihat kode QR untuk berbagi kata sandi dan kata sandi dalam teks biasa yang ditulis di bawah kode.

2. Cara berbagi kata sandi Wi-Fi tersimpan di Android 9 atau versi yang lebih lama

Jika pengguna masih menggunakan Android 9 atau versi yang lebih lama, pengguna dapat melakukan beberapa cara untuk mendapatkan kata sandi Wi-Fi yang tersimpan, yaitu rooting perangkat, menggunakan aplikasi ketiga, atau mengakses file tidak terenkripsi yang berisi kode Wi-Fi.

File dengan kode akses Wi-Fi tersimpan di area sistem file yang hanya dapat diakses pada perangkat Android yang di-root. Namun, jangan gegabah untuk melakukan rooting perangkat.

Baca Juga: Masuk Februari 2020, Ini Peristiwa Langit yang Bisa Diamati

Jika pengguna memutuskan untuk rooting perangkat, pengguna memiliki dua opsi. Pengguna dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga atau mengakses file tidak terenkripsi. Menggunakan aplikasi adalah opsi yang lebih cepat dan mudah.

Komentar