Samsung Galaxy M31, Bukan Cuma Jualan Baterai Jumbo

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Samsung Galaxy M31, Bukan Cuma Jualan Baterai Jumbo
Samsung Galaxy M31. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Lebih dekat dengan Samsung Galaxy M31.

Suara.com - Setelah pemerintah Indonesia mengeluarkan anjuran pembatasan aktivias sosial untuk memutus rantai penyebaran virus corona (COVID-19), berbagai aktivitas masyarakat dilakukan di dalam rumah, mulai dari bekerja (Work From Home/WFH), belajar online atau e-learning, hingga melakukan rapat via teleconference. Berbagai vendor teknologi merespon situasi ini dengan menawarkan produk untuk memfasilitasi kebutuhan hiburan masyarakat Indonesia di tengah pendemi corona, termasuk Samsung yang menghadirkan Galaxy M31 pada bulan lalu.

Lalu, apakah ponsel terbaru bisa menjadi 'teman' masyarakat Indonesia untuk membunuh rasa jenuh di situasi seperti sekarang ini? Temukan jawabannya dalam review Samsung Galaxy M31 berikut ini.

Desain dan Layar

Di atas kertas, ponsel ini memiliki dimensi 159,2 x 75,1 x 8,9 mm dengan berat 191 gram. Ketika pertama kali menggenggam Samsung Galaxy M31, ponsel terasa enteng meskipun baterai yang ditawarkan ekstra besar, yakni 6.000 mAh. Mungkin, ini terjadi karena frame dan casing yang membungkus ponsel terbuat dari material plastik yang membuat bobot ponsel lebih ringan.

Sedangkan tampilan luarnya, Samsung Galaxy M31 dibalut dalam tiga pilihan warna, yaitu Ocean Blue, Space Black, dan Red. Warna yang disebutkan terakhir merupakan ponsel yang Suara.com uji. Karena warna merahnya begitu solid, kesan yang didapat dari eksterior ponsel ini identik dengan aktif, selaras dengan baterai jumbo yang mendukung mobilitas tinggi.

Samsung Galaxy M31. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Samsung Galaxy M31. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Beralih ke sektor layar, ponsel ini menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel, dan sudah diproteksi lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Harus diakui, bezel ponsel ini masih terbilang tebal karena aspek rasio layar ke bodinya hanya 84,1 persen, kendati notch-nya sudah menggunakan desain Infinity-U Display.

Meskipun sudah menggunakan panel Super AMOLED, namun Samsung sepertinya pelit menambahkan fitur pemindai sidik jari di bawah layar, mengingat fingerpint-nya masih berada di bagian punggung ponsel.

Samsung Galaxy M31. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Samsung Galaxy M31. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Selain diisi oleh fingerprint, bagian belakang ponsel juga dipakai untuk menyimpan empat kamera belakang di pojok kiri atas. Tata letak kamera belakangnya cukup unik, karena tiga lensa dibuat vertikal, sementara satu lainnya dibuat terpisah dan sejajar dengan LED Flash.

Di bagian kiri kanan ponsel, ada beberapa tombol fisik seperti slot dual SIM Card + MicroSD, tombol daya/power, serta pengaturan volume. Bagian atas dibiarkan polos begitu saja, sedangkan bagian bawah terlihat ramai karena dipakai untuk port jack audio 3,55 mm, speaker, dan lubang USB Type-C.

Bicara tampilan luar, Samsung Galaxy M31 terlihat biasa saja, tidak memiliki kejutan maupun sesuatu yang istimewa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS