Terlalu Jauh, Percakapan Warganet Soal Jenazah Pasien Corona Bikin Bingung

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Terlalu Jauh, Percakapan Warganet Soal Jenazah Pasien Corona Bikin Bingung
Keluarga memantau dari jauh pemakaman salah satu anggotanya yang meninggal karena Covid-19. [Bay Ismoyo/AFP]

Belakangan banyak pemberitaan masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia yang menolak penguburan jenazah pasien Corona (COVID-19).

Suara.com - Belakangan banyak pemberitaan masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia yang menolak penguburan jenazah pasien Corona (COVID-19), di pemakaman umum karena takut tertular virus. Hal tersebut tampaknya juga menjadi ketakutan seorang warganet yang menyuarakan pemikirannya tentang jenazah pasien COVID-19.

Dibagikan kembali oleh akun Twitter @jawafess pada 4 April, pemilik akun mengunggah tangkapan layar dari dua akun yang berbeda dan dijadikan kolase. Pada bagian atas, akun Blog Dokter menuliskan bahwa jenazah pasien Corona yang sudah dikuburkan tidak akan menyebarkan virus karena telah menjalani perlakukan khusus.

"Kalau sudah dikubur ya aman. Yang harus diperhatikan adalah perawatan jenazah yang harus diperlakukan khusus. Jenazah tidak masalah dikuburkan di kuburan umum karena jenazah penderita COVID-19 tidak akan menularkan COVID-19 ke jenazah di sampingnya," tulis akun Blog Dokter.

Bahas jenazah pasien COVID-19. [Twitter]
Bahas jenazah pasien COVID-19. [Twitter]

Namun, pendapat berbeda disampaikan oleh pemilik akun yang tidak diketahui identitasnya. Akun tersebut menulis, "Lah kalau mayatnya dimakan cacing terus cacingnya diambil orang untuk mancing terus dapet ikan dan ikannya kena Corona terus ikannya dimakan orang. Orangnya kan jadi kena Corona juga. Coba berfikir jauh ke depan."

Percakapan tersebut pun menarik perhatian warganet karena dinilai tidak sesuai dengan fakta dan penelitian.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 6.800 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit warganet yang menilai bahwa pemikiran orang tersebut terlalu jauh.

Bahas jenazah pasien COVID-19. [Twitter]
Bahas jenazah pasien COVID-19. [Twitter]

"Yang jadi pertanyaannya... yang mau cari cacing di kuburan tuh siapa..." tulis akun @YogaAryoW.

"Yakali cari cacing sampe bongkar tanah kuburan," komentar @trlnjrjmblo.

"Jauh banget ya pikiranmu, kayak jarak aku sama dia," tambah @MauAmara.

"Yang mau pacul-pacul nyari cacing di kuburan tuh siapa, kalau ada udah digebukin khalayak ramai," ungkap @Akbarrtaufick.

"Berfikir jauh ke depan dan melampauinya," cuit @Citos_bekicot.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS