alexametrics

Gemas! Tetap di Rumah dan Mainkan Cabai di Google Doodle

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Gemas! Tetap di Rumah dan Mainkan Cabai di Google Doodle
Google Doodle Stay at Home. [Screenshot]

Google mengajak orang-orang untuk tetap berada di rumah atau stay at home dengan menghadirkan salah satu permainan populernya lewat doodle.

Suara.com - Google mengajak orang-orang untuk tetap berada di rumah atau stay at home dengan menghadirkan salah satu permainan populernya lewat doodle, yang muncul di halaman utama pencarian pada hari ini, Senin (4/5/2020).

Seri doodle throwback ini Google kembali menampilkan beberapa game doodle interaktif populer. Setelah permainan Coding dan Fischinger, kali ini Google menampilkan permainan Scoville.

Pada tampilan awal, pengguna akan melihat doodle yang memperlihatkan huruf O pertama dalam kata Google tengah duduk di atas sofa dengan memegang cabai. Tak hanya itu, di sebelahnya pun terlihat beberapa kantung berisi cabai. Pada ujung kata Google, pengguna dapat mengklik tombol play untuk memulai.

Doodle akan menampilkan seorang lelaki memakai jas lab berwarna putih tengah memegang cabai. Di belakangnya pun terlihat susunan aneka cabai yang membentuk kata Google. Pengguna dapat mengklik tombol play yang terlihat terbakar di bagian kanan bawah.

Baca Juga: BPPT Bikin Teknologi AI Pendeteksi Covid-19

Setelahnya, tokoh lelaki yang bernama Wilbur Scoville tersebut, memakan paprika hijau kemudian memakan es krim yang diberikan oleh seseorang. Selanjutnya, pengguna akan diminta berperan sebagai es krim yang melawan paprika untuk mengetahui seberapa tingkatan kepedasan.

Jika menang, maka pengguna akan dibawa ke jenis cabai selanjutnya, misalnya jalapeno. Begitu pun seterusnya jika pengguna menang. Namun jika kalah, Wilbur Scoville akan memberikan tingkat kepedasan cabai tersebut.

Doodle ini pertama kali dibuat untuk merayakan ulang tahun Wilbur Scoville yang ke-151 pada 2016.

Wilbur Scoville terkenal karena menciptakan Skala Scoville, yaitu skala kepedasan dalam jenis cabai-cabaian. Skala Scoville muncul dari pengembangan "Tes Organoleptik Scoville" pada 1912 di perusahaan farmasi Parke-Davis, tempat di mana Scoville bekerja.

Google Doodle Stay at Home and playing Scoville. [Screenshot]
Google Doodle Stay at Home and playing Scoville. [Screenshot]

"Seiring Covid-19 terus memenuhi komunitas di seluruh dunia, orang-orang dan keluarga di mana pun menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Sehubungan dengan ini, kami meluncurkan seri doodle throwback sambil melihat kembali beberapa game Google doodle interaktif populer kami. Tetap dan bermain di rumah dengan fitur unggulan hari ini: Game doodle 2016 kami merayakan Wilbur Scoville," tulis Google dalam laman resmi.

Baca Juga: Data Pengguna Bocor, Hari Ini Direksi Tokopedia Dipanggil Menkominfo

Sebelumnya, game doodle throwback menampilkan permainan Coding untuk merayakan 50 tahun pengkodean anak-anak di tahun 2017 dan game Fischinger untuk membuat karya seni abstrak berdasarkan musik.

Komentar