Serang Laboratorium, Monyet Bawa Kabur Sampel Darah Pasien Covid-19

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Serang Laboratorium, Monyet Bawa Kabur Sampel Darah Pasien Covid-19
Ilustrasi monyet. (Pixabay/da-holledauer)

Seekor monyet menyerang teknisi laboratorium kampus di sebuah sekolah kedokteran di India.

Suara.com - Seekor monyet menyerang teknisi laboratorium kampus di sebuah sekolah kedokteran di India dan melarikan diri dengan sampel darah dari tiga pasien yang terinfeksi Covid-19.

Teknisi lab yang dirampok lantas merekam aksi monyet tersebut dan mengunggahnya via Twitter. Dari video itu, diketahui bahwa primata ini langsung memanjat pohon setelah mencuri sampel darah dan barang-barang medis lainnya. Ketika berada di atas pohon, monyet terlihat sedang menggerogoti sarung tangan bedah yang dipakai teknisi lab untuk melakukan penelitian Covid-19.

Insiden itu terjadi beberapa hari lalu di Lala Lajpat Rai Memorial Medical College yang dikelola pemerintah di Uttar Pradesh, negara bagian di wilayah India Utara.

Usai pihak berwenang mengumumkan kejadian ini, warga sekitar Uttar Pradesh khawatir bahwa insiden itu dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19 ke monyet lain dan kemudian ke manusia. Padahal di wilayah tersebut, sudah ada 7.170 kasus positif Covid-19.

Di sisi lain, fakta menunjukkan bahwa manusia dapat menginfeksi beberapa hewan dengan SARS-CoV-2. Pada April, lima harimau dan tiga singa di Kebun Binatang Bronx di New York City dinyatakan positif terkena virus corona setelah tertular dari seorang staf kebun binatang.

Wildlife Conservation Society juga mencatat, adanya dua kucing peliharaan dan seekor anjing peliharaan di AS juga dinyatakan positif terkena virus corona, yang kemungkinan mereka tertular karena kontak dengan orang-orang.

Kendati demikian, Kepala Sekolah Lala Lajpat Rai Memorial Medical College Dr. S.K. Garg mengatakan bahwa monyet itu mengambil sampel darah, dan bukan hasil Swab dari pasien yang terinfeksi, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan.

Ilustrasi seorang lelaki di laboratorium. [Shutterstock]
Ilustrasi seorang lelaki di laboratorium. [Shutterstock]

"Ini adalah sampel darah yang diambil dari pasien Covid-19 selama perawatan rutin," kata Garg kepada New York Times, sebagaimana dikutip dari Livescience, Minggu (31/5/2020).

Ia menambahkan, sejauh ini belum ada bukti bahwa monyet (atau hewan apa pun) dapat tertular virus corona melalui kontak langsung dengan darah dari orang yang terinfeksi. Sebaliknya, Covid-19 sangat mudah menular melalui lendir atau partikel udara yang terkontaminasi virus.

Meski begitu, pihak berwenang dan tim medis terus melakukan penyelidikan tentang insiden monyet mencuri sampel darah pasien Covid-19 ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS