alexametrics

Simak, 5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Simak, 5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet
Ilustrasi menggunakan laptop untuk membuat konten online [Pexels].

Suka menulis? Atau berbagi dengan orang lain lewat kursus? Ini 5 cara untuk menangguk duit lewat internet.

Suara.com - Banyak orang ingin mendapatkan uang secara online, entah untuk mencari pemasukan tambahan atau pendapatan tetap jika menguntungkan.  Ada cara mendapatkan uang dari internet  yang bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Selain mendapat pemasukan, menghasilkan uang secara online juga menghemat waktu jika dibandingkan dengan melakukan pekerjaan fisik yang mengharuskan orang datang ke tempat kerja.

Ilustrasi jual beli online/ belanja online/ jualan online. (Shutterstock)
Ilustrasi jualan online [Shutterstock].

Dilansir dari Forbes dan Lifehack, berikut lima cara mendapatkan uang dari internet:

1. Google Adsense

Baca Juga: Best 5 Oto: Hoax Servis Mobil Gratis, 6 Lady Bikers Seleb Pakai Moge

  • Jika mengunjungi situs web, pengguna biasanya akan melihat iklan Google. Iklan ini ada di mana-mana, dan mudah diatur di situs web dasar mana pun. Google Adsense dapat menguntungkan situs web dengan jumlah uang yang stabil.
  • Pengaturan Google Adsense pun sangat mudah. Jika memiliki blog atau situs web, bisa mendaftar untuk Akun Google Adsense gratis. Dari sana, Google akan memberi kode unik yang mesti "ditempelkan" ke situs web. Kemudian Google akan melacak tampilan halaman pengguna, lalu lintas, dan penghasilan atas nama yang bersangkutan. Tidak ada pemeliharaan untuk menjalankan hal ini, sehingga tidak perlu khawatir jika sudah memiliki situs web.

2. Kursus online

Jika memiliki keterampilan yang bisa diajarkan kepada orang lain, bisa membuat kursus online yang dipasarkan secara online pula. Mulai dari memasak, pemasaran, atau menulis.

Kebanyakan orang mengatur kursus online melalui platform Teachable.com, di mana pengguna dapat mengunggah materi kursus dan menggunakan platform untuk mengelola pelanggan dan menerima pembayaran.

3. Podcasting

  • Cara lain untuk menghasilkan uang secara online adalah hosting podcast online. Podcast kekinian tengah menjadi hal yang didengarkan para kaum muda dengan beragam topik, mulai dari percintaan, kehidupan, hingga kisah misteri.
  • Kunci untuk sukses melakukan podcasting adalah menemukan niche, menumbuhkan audiens, dan menemukan cara untuk menghasilkan uang dan terhubung dengan sponsor. Ini memang bukan cara termudah untuk menghasilkan uang secara online karena ada banyak logistik yang digunakan untuk menulis, merekam, dan mengedit podcast, tetapi masih layak dipertimbangkan.

4. Menulis lepas atau menjadi freelancer

Baca Juga: Peduli Lingkungan, Logitech Tempelkan Label Kandungan Karbon

  • Jika memiliki keterampilan menulis dan bakat kreatif, bisa menghasilkan uang dengan cara membuat konten online untuk situs lain. Menulis lepas atau freelance writing adalah salah satu cara paling populer untuk mendapatkan uang lewat internet. Banyak orang yang sukses lewat cara ini.
  • Namun sebelumnya, harus membangun portofolio dan resume yang meyakinkan. Ada baiknya jika memiliki blog atau situs web untuk menjangkau semua perusahaan yang menyediakan penulisan lepas ini, atau memiliki portofolio online memanfaatkan LinkedIn.

5. Berjualan

Komentar