Canggih, Sarung Tangan Ini Bisa Terjemahkan Bahasa Isyarat

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Canggih, Sarung Tangan Ini Bisa Terjemahkan Bahasa Isyarat
Bahasa isyarat. [Shutterstock]

Berkat sarung tangan canggih yang dibuat para peneliti dari UCLA Samueli School of Engineering, kini orang-orang dapat lebih mudah menerjemahkan bahasa isyarat.

Suara.com - Seperti semua bahasa lainnya, bahasa isyarat juga perlu dipelajari agar seseorang dapat mengetahui cara menggunakan dan memahami maknanya.

Namun berkat sarung tangan canggih yang dibuat para peneliti dari UCLA Samueli School of Engineering, kini orang-orang dapat lebih mudah menerjemahkan bahasa isyarat ke dalam bahasa Inggris.

Dikutip dari Ubergizmo, Minggu (5/7/2020), sarung tangan tersebut memungkinkan para pengguna bahasa isyarat untuk "berbicara" kepada mereka yang tidak memahaminya.

"Harapan kami adalah bahwa sarung tangan inu bisa memberikan cara mudah bagi orang-orang yang menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi secara langsung dengan mereka yang berkomunikasi secara verbal tanpa perlu bantuan penerjemah lagi," kata Jun Chen, ahli bioteknologi yang terlibat di penelitian tersebut.

Terkait cara kerja alat ini, Chen menjelaskan bahwa sarung tangan dilengkapi sensor yang membentang di sepanjang masing-masing jari.

Sarung tangan pembaca bahasa isyarat. [YouTube/@Loz Blain]
Sarung tangan pembaca bahasa isyarat. [YouTube/@Loz Blain]

Setiap kali jari-jari bergerak, sensor akan berusaha mendeteksi gerakan apa yang dibuat, kemudian menerjemahkan gerakan-gerakan tangan tersebut ke dalam bahasa Inggris.

Meskipun teknologi ini bukan hal baru, UCLA mengklaim bahwa sarung tangan yang mereka buat lebih nyaman digunakan dan punya tingkat akurasi yang lebih tinggi ketimbang yang lainnya.

Dengan modal 50 dollar AS, mereka dapat membuat sarung tangan canggih yang bisa menafsirkan 60 isyarat tangan dengan akurasi hampir 99 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS