alexametrics

Pesaing TikTok, Instagram Luncurkan Reels Bulan Depan?

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Pesaing TikTok, Instagram Luncurkan Reels Bulan Depan?
Ilustrasi Instagram. [Shutterstock]

Instagram mengumumkan fitur baru bernama Reela yang didesain untuk bersaing dengan TikTok.

Suara.com - Tahun lalu, Instagram mengumumkan fitur baru bernama Reela yang didesain untuk bersaing dengan TikTok.

Hanya saja, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh beberapa pengguna di sejumlah negara, mengingat Instagram Reels masih dalam tahap beta.

Namun, kabar terbaru mengatakan bahwa fitur Reels di Instagram akan meluncur pada Agustus mendatang untuk kawasan Amerika Serikat.

Hal ini dikonfirmasi oleh juru bicara Instagram kepada Business Insider. Ia msngakui, Reels memiliki beberapa kesamaan dengan TikTok.

Baca Juga: Pengguna Instagram Kini Bisa Tandai Komentar yang Disukai

“TikTok secara khusus telah memanfaatkan perilaku konsumen dan melakukan hal-hal luar biasa. Kami juga melihat munculnya video pendek di Instagram, dan kami pikir kami dapat menciptakan sesuatu dengan cara yang masuk akal bagi komunitas kami," ujar juru bicara Instagram seperti dikutip dari Ubergizmo, Senin (20/7/2020).

Menurutnya, Reels akan memberikan tekanan kepada TikTok yang kontroversial. Fitur terbaru Instagram ini juga diharapkan bisa menambah pilihan para pengguna aplikasi yang gemar membuat video pendek.

“Responsif terhadap permintaan konsumen dan persaingan sehat dan salah satu keunggulan dari sektor teknologi. Reels akan memberikan banyak pilihan, yang tentunya akan baik bagi para pengguna,” imbuhnya.

Sementara itu, peluncuran Reels di AS pada bulan Agustus dinilai tepat karena pemerintah sedang mempertimbangkan pelarangan penggunaan TikTok, seiring dengan adanya aturan baru dari China.

Ilustrasi aplikasi TikTok. (pixabay.com/antonbe/13 images)
Ilustrasi aplikasi TikTok. (pixabay.com/antonbe/13 images)

Pasalnya, aturan baru tersebut mewajibkan setiap perusahaan asal China untuk berbagi data, termasuk data pelanggan/pengguna, dengan pihak pemerintah.

Baca Juga: Cara Kembalikan Akun Instagram Saat Kena Hack

Dengan regulasi baru tersebut, pemerintah AS menyatakan untuk menolaknya, sehingga opsi pelarangan penggunaan TikTok pun muncul.

Komentar