Berusia Hampir 40 Ribu Tahun, Beruang Zaman Es Ditemukan

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Berusia Hampir 40 Ribu Tahun, Beruang Zaman Es Ditemukan
Ilustrasi beruang coklat. (Pixabay/Bergadder)

Sisa-sisa beruang gua dari Zaman Es yang berpotensi berusia 39.500 tahun telah ditemukan di Arktik Rusia.

Suara.com - Sisa-sisa beruang gua dari Zaman Es yang berpotensi berusia 39.500 tahun telah ditemukan di Arktik Rusia. Ini adalah pertama kalinya para ilmuwan menemukan beruang setua ini dengan jaringan lunak yang masih utuh.

Menurut tim ilmuwan dari North-Eastern Federal University di Yakutsk, Siberia, spesimen beruang gua ini bahkan memiliki hidung yang utuh.

"Ini adalah pertama kalinya dan satu-satunya yang ditemukan dari jenisnya, bangkai beruang utuh dengan jaringan lunak. Itu benar-benar diawetkan, dengan semua organ dalam yang masih pada tempatnya, termasuk hidungnya," kata Lena Grigorieva, ilmuwan di North-Eastern Federal University.

Sebelumnya, dia menambahkan, hanya tengkorak dan tulang yang ditemukan. Temuan ini sangat penting bagi dunia.

Arktik Rusia. [Handout/RUSSIAN ARCTIC NATIONAL PARK/AFP]
Arktik Rusia. [Handout/RUSSIAN ARCTIC NATIONAL PARK/AFP]

Dilansir dari CNET, Rabu (16/9/2020), sekelompok penggembala rusa Kepulauan Lyakhovsky menemukan spesimen beruang gua sebelum menyerahkannya kepada para ilmuwan di North-Eastern Federal University.

Beruang gua (Ursus spelaeus) adalah spesies prasejarah yang hidup di Eurasia pada periode Pleistosen Tengah dan Akhir, kemudian punah sekitar 15.000 tahun yang lalu. Analisis awal dari para ilmuwan menunjukkan bahwa beruang gua berusia antara 22.000 dan 39.500 tahun.

Untuk menentukan usia beruang dengan tepat, para ilmuwan akan menggunakan analisis radiokarbon pada spesimen beruang.

Temuan ini bukan penemuan penting pertama di Siberia sejak permafrost mulai mencair dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, para ahli telah menemukan bangkai burung berusia 46.000 tahun, kepala serigala raksasa berusia 40.000 tahun, bayi kuda paleolitik yang diawetkan, dan bahkan virus "raksasa" berusia 30.000 tahun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS