alexametrics

Melihat Harvest Moon dan Blue Moon di Langit Oktober

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Melihat Harvest Moon dan Blue Moon di Langit Oktober
Blue Moon. [Macau Photo Agency/Unsplash]

Tahun 2020 akan memiliki 13 Bulan Purnama.

Suara.com - Tahun 2020 akan memiliki 13 Bulan Purnama, alih-alih hanya 12 Bulan Purnama di mana dua di antaranya akan terjadi pada Oktober. Bulan Purnama pertama Oktober jatuh pada 2 Oktober dan Bulan Purnama kedua terjadi pada 31 Oktober.

Bulan Purnama 2 Oktober akan terbit pada 04.05 WIB dan disebut Harvest Moon. Nama tersebut diberikan untuk Bulan Purnama yang terjadi paling dekat dengan titik balik musim gugur.

Meskipun Bulan Purnama ini biasanya terjadi pada September, tapi Bulan Purnama 2 September terlalu dini untuk disebut sebagai Harvest Moon. Pada 2019, Harvest Moon sendiri terjadi pada 13 September.

Menurut Farmer's Almanac, Harvest Moon memberikan cahaya bagi petani yang memanen tanaman mereka hingga malam hari. Sedangkan menurut NASA, Bulan akan tampak purnama selama sekitar tiga hari.

Baca Juga: Ada 2 Purnama, Ini 5 Fenomena Langit Oktober 2020 yang Bisa Diamati

Bulan Purnama. [Shutterstock]
Bulan Purnama. [Shutterstock]

Oktober juga akan ditutup dengan Bulan Purnama lainnya yang disebut Blue Moon yang langka. Meskipun Bulan sebenarnya tidak terlihat biru, Bulan Purnama kedua dalam satu bulan memang biasanya disebut sebagai Blue Moon. Ini terjadi setiap 2,5 hingga 3 tahun sekali.

Sebelumnya, Blue Moon dikenal sebagai Bulan Purnama ketiga atau keempat dalam satu musim. Umumnya, Bulan berikutnya setelah Harvest Moon dikenal sebagai Hunter's Moon (Bulan pemburu), saat pemburu menggunakan cahaya Bulan untuk berburu mangsa dan bersiap untuk musim dingin.

Meskipun Blue Moon tampak langka, Bulan Purnama pada Halloween di seluruh zona waktu bahkan lebih jarang, peristiwa terakhir terjadi pada 1944.

Namun, Bulan Purnama terjadi pada Halloween setiap 19 tahun di beberapa zona waktu, sehingga bisa diharapkan Bulan Halloween Purnama akan muncul lagi pada tahun 2039, 2058, 2077, dan 2096.

Dilansir dari CNN, Jumat (2/10/2020), Bulan purnama pada 31 Oktober nanti akan terbit pada pukul 21.49 WIB. Ini juga merupakan hari terakhir Daylight Saving Time.

Baca Juga: Fenomena Astronomi di Awal Bulan Agustus 2020, Puncak Hujan Meteor

Komentar