alexametrics

Nokia Menangkan Proyek Bangun Jaringan Seluler di Bulan

Liberty Jemadu
Nokia Menangkan Proyek Bangun Jaringan Seluler di Bulan
Bumi terlihat dari permukaan bulan (NASA/Shutterstock).

Nokia akan membangun jaringan seluler di Bulan untuk para astronot NASA.

Suara.com - Nokia telah dipilih oleh badan antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk membangun jaringan seluler di Bulan, demikian diumumkan perusahaan asal Finlandia itu pada Senin (19/10/2020).

Jaringan seluler itu akan menyediakan internet di Bulan yang bisa dimanfaatkan untuk membantu misi antariksa manusia dan untuk mereka yang kelak membangun di koloni Bulan.

NASA sendiri mulai 2024 akan mengirim manusia ke Bulan dalam program jangka panjang bernama misi Artemis.

Nokia berambisi merampungkan jejaring seluler pertama di Bulan pada 2022, sebelum para astronot NASA mendarat. Dalam proyek itu, Nokia akan menggandeng perusahaan desain asal Texas, AS, Intuitive Machines. Perusahaan ini bertugas mengirim peralatan ke Bulan.

Baca Juga: Jeff Bezos Uji Roket untuk Misi NASA ke Bulan

Nokia mengatakan akan membangun jaringan seluler 4G LTE di permukaan Bulan. Teknologi ini dipilih karena terbukti bisa diandalkan di Bumi. Setelahnya baru akan dikembangkan jaringan 5G.

Dengan jaringan seluler itu, para astronot akan bisa melakukan panggilan suara dan video dari Bulan. Selain itu pengiriman data biometrik, telemetri, dan pengendalian kendaraan robotik juga akan semakin gampang.

Jaringan seluler buatan Nokia itu akan dirancang kokoh, sehingga bisa bertahan dari kondisi ekstrem di luar Bumi.

Komentar