alexametrics

Buaya Purba Berusia Enam Juta Tahun, Berenang dari Afrika ke Spanyol

Dythia Novianty
Buaya Purba Berusia Enam Juta Tahun, Berenang dari Afrika ke Spanyol
Crocodylus. [Ashraf Shazly/AFP]

Fosil dua buaya berukuran panjang sekitar 10 kaki (3 meter) yang kemungkinan tersebar di Cekungan Mediterania.

Suara.com - Buaya purba dari Afrika berenang melintasi Mediterania untuk hidup di perairan pesisir Spanyol, klaim sebuah studi terbaru.

Para ilmuwan telah mendeskripsikan, fosil dua buaya berukuran panjang sekitar 10 kaki (3 meter) yang kemungkinan tersebar di Cekungan Mediterania, beberapa kali dan menjajah Spanyol dan Italia sekitar lima juta tahun lalu.

Analisis tulang tengkorak mereka, gigi terisolasi dan osteodermata, plak tulang pada kulit, menunjukkan bahwa mereka termasuk dalam spesies crocodylus checchiai, dari Libya kuno dan Kenya di Afrika.

Jenazah mereka digali di Venta del Moro dekat Valencia, Spanyol antara 1995 dan 2006, kini dijelaskan dalam Journal of Paleontology.

Baca Juga: Bikin Ngakak, Viral Deretan Gombalan ala Buaya Darat yang Patut Diwaspadai

Fosil crocodylus. [Cambridge.org]
Fosil crocodylus. [Cambridge.org]

Fosil di situs Valencia ini adalah pertama dari genus crocodylus yang pernah ditemukan di Semenanjung Iberia, daratan terdiri dari Spanyol dan Portugal.

Menurut paleontolog, mereka 'dengan tegas' mendukung teori bahwa crocodylus tersebar dari Afrika ke Eropa selama periode Miosen, akhir sekitar enam juta tahun yang lalu.

"Perbandingan kami menunjukkan bahwa materi ini jelas bukan milik diplocynodon atau tomistoma, satu-satunya dua crocodylians lain yang dijelaskan sejauh ini untuk periode Miosen akhir Eropa," kata Angel Hernández Luján dari Autonomous University of Barcelona dan timnya, dilansir laman Dailymail, Senin (26/10/2020).

Kemungkinan spesies Miosen akhir ini, yang awalnya dideskripsikan dari Libya dan kemudian diidentifikasi juga di Kenya, bisa saja tersebar di Cekungan Mediterania beberapa kali dan menjajah wilayah selatan Eropa Mediterania.

"Yang paling pasti adalah bahwa ia juga menghuni pantai Murcia dan Andalusia, meskipun kami tidak dapat mengesampingkan bahwa makhluk itu juga akan tersebar di sepanjang pantai Catalonia dan Kepulauan Balearic," jelasnya.

Baca Juga: Bocah 12 Tahun Temukan Fosil Dinosaurus Langka

Jutaan tahun lalu, beberapa spesies buaya dengan genera dan karakteristik berbeda, menghuni Eropa dan terkadang hidup berdampingan. Tetapi diperkirakan tidak mungkin bahwa buaya dari genus crocodylus, yang berasal dari Afrika, pernah hidup di cekungan Mediterania.

Komentar