alexametrics

Bertambah, Arkeolog Temukan Total 60 Peti Mati Tersegel di Mesir

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Bertambah, Arkeolog Temukan Total 60 Peti Mati Tersegel di Mesir
Peti mati bersegel kembali ditemukan di pekuburan Saqqara, Mesir. [Facebook]

Pada awal September, para arkolog di Mesir menemukan 14 peti mati dalam kondisi masih tersegel di Saqqara.

Suara.com - Pada awal September, para arkolog di Mesir menemukan 14 peti mati dalam kondisi masih tersegel di Saqqara. Hingga kini, penemuan peti mati dalam proyek penggalian di situs itu terus bertambah jumlahnya. Sekarang para ahli telah menemukan total 60 peti mati.

Meskipun rincian lengkapnya belum diumumkan, pihak berwenang mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "sejumlah besar" sarkofagus kayu telah ditemukan.

Menteri Pariwisata dan Purbakala Mesir, Khaled al-Anani, mengatakan dalam unggahan Instagram bahwa temuan itu berjumlah "lusinan" peti mati dan telah disegel sejak zaman kuno.

Koleksi peti mati tersebut diyakini berusia lebih dari 2.500 tahun. Patung berwarna dan belapis emas juga ditemukan di makam-makam tersebut.

Baca Juga: Arkeolog Buka Peti Mumi Berusia 2.500 Tahun

Peti mati berusia 2.500 tahun kembali ditemukan di pekuburan Saqqara, Mesir. [Facebook]
Peti mati berusia 2.500 tahun kembali ditemukan di pekuburan Saqqara, Mesir. [Facebook]

Al-Anani dan Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly mengunjungi situs tersebut pada Senin (19/10/2020) bersama dengan sekretaris jenderal Supreme Council of Antiquities Mustafa Waziri.

Penemuan tersebut menandai serangkaian temuan di Saqqara, sebuah pekuburan sekitar 20 mil selatan Kairo. Kuburan yang luas itu pernah menjadi ibu kota Kerajaan Memphis dan situs tersebut merupakan lokasi bagi piramida tertua Mesir, Pyramid of Djoser.

Sebelumnya, para arkeolog di Saqqara telah menemukan hampir 30 peti mati tersegel di salah satu dari tiga poros pemakaman berkuran 10 hingga 12 meter.

Pada konferensi pers awal bulan ini, kementerian mengatakan penemuan itu membuat jumlah total yang ditemukan di dalam makam menjadi 59 peti.

Dilansir dari CNN, Senin (26/10/2020), para pejabat cukup yakin bahwa peti mati itu berisi negarawan senior dan pendeta dari dinasti ke-26.

Baca Juga: Mesir Singkap Satu dari 59 Temuan Sarkofagus Berusia 2.500 Tahun

Kementerian mengatakan bahwa rincian lebih lanjut dari penemuan bulan ini akan diumumkan pada konferensi pers di situs tersebut dalam beberapa minggu mendatang.

Meskipun belum ada keterangan lebih lanjut mengenai peti mati yang baru ditemukan, beberapa di antaranya yang ditemukan awal tahun ini akan dipamerkan di Grand Egyptian Museum yang akan segera dibuka di Giza.

Komentar