alexametrics

Logam Misterius di Utah Tiba-tiba Menghilang, Ulah Alien?

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Logam Misterius di Utah Tiba-tiba Menghilang, Ulah Alien?
Logam misterius yang menghilang. [Handout/Utah Department of Public Safety/AFP]

Pekan lalu, Departemen Keamanan Publik (DPS) Utah, Amerika Serikat, menemukan monolit logam aneh dan misterius di bagian terpencil di gurun.

Suara.com - Pekan lalu, Departemen Keamanan Publik (DPS) Utah, Amerika Serikat, menemukan monolit logam aneh dan misterius di bagian terpencil di gurun. Sekarang, logam setinggi dua lelaki dewasa itu telah menghilang secara tiba-tiba.

Para ahli tidak tahu apakah logam tersebut telah dicuri oleh seseorang yang mengira benda itu cukup berharga setelah populer baru-baru ini atau pemilik aslinya telah mengambilnya kembali.

Sebelumnya, logam itu ditemukan ketika kru helikopter DPS sedang menghitung domba bertanduk besar dalam misi bersama dengan Utah Division of Wildlife Resources (DWR).

Domba-domba tersebut masuk ke suatu tempat yang sangat terpencil dan tidak dapat diakses. Para kru kemudian terbang jauh ke padang pasir dan seseorang melihat logam misterius tersebut.

Baca Juga: Misteri Tugu Logam, Pilot: Benda Paling Aneh yang Pernah Saya Lihat

Para kru mendarat di lokasi logam itu dan dilihat dari caranya tertanam di tanah, itu menunjukkan upaya yang disengaja. Setelah fotonya tersebar, banyak orang menganggap logam tersebut mirip dengan monolit pada film sci-fi 2001: A Space Odyssey 1968.

Meskipun DPS sengaja merahasiakan lokasi logam itu, beberapa "detektif internet" menggunakan jarak domba bertanduk besar, geologi daerah tersebut, dan arah penerbangan awal helikopter, membuat logam tersebut ditemukan di foto satelit. Terlepas dari lokasinya yang terpencil, beberapa orang bahkan berada cukup dekat untuk mengunjungi dan mengambil foto. Hilangnya monolit tersebut diumumkan oleh Biro Pengelolaan Lahan Utah (BLM) dalam sebuah pernyataan.

"Saat kami melakukan kunjungan lokasi pada Sabtu, kami menemukan pihak yang tidak dikenal memindahkan struktur yang disebut sebagai monolit pada Jumat, 27 November," tulis BLM, seperti dikutip IFL Science, Selasa (1/12/2020).

Lokasinya yang diketahui telah menjadi daya tarik wisata, namun kini pengunjung yang bersusah payah untuk mencapai lokasi tersebut mungkin merasa kecewa karena logam itu menghilang. Walau begitu, beberapa pihak tampaknya senang bahwa logam tersebut menghilang karena ada kekhawatiran orang-orang yang datang dapat merusak daerah sekitarnya.

Terlepas dari hal itu, monolit tersebut masih menjadi misteri. Sejauh ini, belum ada yang menjelaskan kenapa, bagaimana atau sudah berapa lama keberadaan logam tersebut serta bagaimana dan di mana logam itu menghilang.

Baca Juga: Ada Temuan Logam Misterius di Gurun Terpencil, Mirip Film Sci-Fi

Komentar