alexametrics

Pertama Kalinya, NASA Panen Lobak yang Ditanam di Stasiun Luar Angkasa

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Pertama Kalinya, NASA Panen Lobak yang Ditanam di Stasiun Luar Angkasa
Stasiun luar angkasa. [Shutterstock]

Para astronot NASA memanen lobak pertama yang ditanam di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Suara.com - Para astronot NASA memanen lobak pertama yang ditanam di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 30 November lalu.

Sebelumnya, astronot datang ke ISS telah menanam berbagai sayuran, termasuk selada, kubis, sawi, dan kangkung. Beberapa di antaranya telah dikirim kembali ke Bumi untuk dianalisis. Tanaman tersebut merupakan bagian dari percobaan yang disebut Plant Habitat-02 (PH-02).

"Menanam berbagai tanaman membantu kami menentukan tanaman mana yang tumbuh subur dalam gayaberat mikro dan menawarkan variasi terbaik serta keseimbangan nutrisi bagi astronot dalam misi jangka panjang," kata Nicole Dufour, manajer program habitat tanaman, seperti dikutip dari CNET, Jumat (4/12/2020).

Menurut NASA, dibutuhkan 27 hari bagi tanaman untuk mencapai kematangan. Badan antariksa tersebut merekam pertumbuhan lobak itu menjadi video time-lapse singkat, berdurasi 19 detik yang diunggah pada 1 Desember.

Baca Juga: Misi Berhasil! Cina Bawa Sampel Material Bulan ke Bumi

Ilustrasi kantor NASA. [Jahsie Ault/Unsplash]
Ilustrasi kantor NASA. [Jahsie Ault/Unsplash]

Lobak tersebut juga akan dikirim kembali ke Bumi. Tanaman tersebut kini terbungkus foil dan disimpan dalam penyimpanan bersuhu tinggi, menunggu untuk dikirim ke Bumi tahun depan.

Eksperimen tanaman ini dilakukan untuk memberikan makanan segar bagi astronot yang menuju ke Bulan dan Mars di masa mendatang. Para ilmuwan berusaha mencari cara untuk memberikan makanan astronot selain makanan kering beku, mulai dengan menanam tanaman hingga daging yang dibudidayakan.

Komentar