alexametrics

Deretan Senjata Kuno Paling Keren Ditemukan Sepanjang 2020

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Deretan Senjata Kuno Paling Keren Ditemukan Sepanjang 2020
Pedang tertua. [Ca 'Foscari University of Venice]

Setiap tahun, para ilmuwan pasti menemukan peninggalan berupa senjata kuno yang menceritakan kisah kekerasan di masa lalu.

Suara.com - Setiap tahun, para ilmuwan pasti menemukan peninggalan berupa senjata kuno yang menceritakan kisah kekerasan di masa lalu. Mulai dari zaman es hingga abad pertengahan, berikut ini lima senjata kuno paling keren yang ditemukan sepanjang 2020 menurut Live Science:

1. Tongkat lempar zaman es

Para ahli menemukan senjata berbentuk tongkat dari zaman es yang digunakan oleh spesies manusia Homo heidelbergensis untuk berburu.

Berukuran panjang sekitar 64,5 sentimeter, tongkat lempar yang ditemukan di Jerman ini pertama kali dilaporkan pada April di jurnal Nature Ecology & Evolution.

Baca Juga: Ilmuwan China Tinjau Cara Pelajari Sampel Bulan

Tongkat ini berasal dari 300.000 tahun yang lalu dan digunakan untuk melukai atau membunuh mangsa kecil, seperti kelinci, angsa, dan bebek.

Tongkat lempar zaman es. [University of Tübingen]
Tongkat lempar zaman es. [University of Tübingen]

2. Pedang tertua

Pedang dari abad pertengahan yang ditemukan di biara San Lazzaro degli Armeni oleh mahasiswa arkeolog Vittoria Dall'Armellina adalah pedang tertua yang pernah ditemukan.

Meskipun pedang itu diberi label hanya berumur beberapa ratus tahun saat dipamerkan di museum, Dall'Armellina menyadari bahwa pedang itu jauh lebih mirip senjata dari Zaman Perunggu daripada artefak abad pertengahan.

Dia dan rekan-rekannya menganalisis pedang tersebut dan menemukan bahwa itu memang paduan tembaga-arsenik dari awal Zaman Perunggu, sekitar 5.000 tahun lalu.

Baca Juga: Berita Sains Paling Populer Sepanjang 2020

Pedang tersebut berasal dari Anatolia atau yang sekarang menjadi Turki bagian timur, tempat pedang pertama kali ditemukan.

Komentar