alexametrics

Weird Genius Anggap TikTok Jadi Terobosan Baru dalam Industri Musik

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Weird Genius Anggap TikTok Jadi Terobosan Baru dalam Industri Musik
Weird Genius [dokumentasi pribadi]

Aplikasi video pendek asal China tersebut sangat membantu musisi-musisi Indonesia saat ini.

Suara.com - Grup musik Weird Genius menilai TikTok saat ini menjadi faktor pengubah industri musik. Menurut mereka, aplikasi video pendek asal China tersebut sangat membantu musisi-musisi Indonesia saat ini.

"Sekarang musisi bisa mempromosikan lagunya lewat aplikasi TikTok. Misalnya, ada seorang content creator yang menggunakan musik mereka, jadi secara enggak langsung itu jadi sebuah promosi," jelas salah satu anggota Weird Genius, Reza Oktovian, dalam konferensi pers virtual, Rabu (13/1/2021).

Lelaki yang akrab disapa Arap ini mengatakan, banyak Content Creator TikTok saat ini yang mengunggah konten dengan latar belakang musik dari musikus asal Indonesia.

Selain itu, mereka juga dianggap kreatif dalam membuat musik menjadi enak didengar melalui modifikasi lagu atau remix.

Baca Juga: Viral Tukang Pecel Lele Bergaya Bak Sultan, Deretan Gadgetnya Bikin Melongo

Aplikasi TikTok. [Solen Feyissa/Pixabay]
Aplikasi TikTok. [Solen Feyissa/Pixabay]

"Biasanya setelah di-remix, nanti lagu itu bakal dipakai oleh Content Creator luar negeri. Jadi berguna banget kan?" tuturnya.

"Dulu kan musikus harus buat rekaman lah, pakai CD lah. Sekarang enggak perlu. Cukup promosikan ke TikTok, kemudian tunggu viral. Jadi promosi musik berubah sekarang," tambah Arap.

Selain Arap, Eka Gustiwana juga mengaku musik TikTok kini memiliki nilai tersendiri. Menurutnya, setiap musik yang dipakai di latar belakang konten jadi mengandung nilai.

"Misalnya, setiap lagu yang diunggah, itu diedit oleh content creator buat menyesuaikan video mereka. Entah itu lagu sedih atau komedi. Tapi itu yang buat musik jadi punya value khusus di TikTok," jelas Eka.

Weird Genius sendiri menjadi salah satu content creator yang lagunya viral di TikTok. Grup yang beranggotakan Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu ini menciptakan lagu berjudul Lathi dan dikenal hingga mancanegara.

Baca Juga: Viral Kado Pernikahan Isinya Buah, Warganet: Malam Pertama Sibuk Ngerujak!

Komentar