alexametrics

Mirip Kadal, Monster Laut Purba Ini Punya Gigi Setajam Gergaji

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Mirip Kadal, Monster Laut Purba Ini Punya Gigi Setajam Gergaji
Xenodens calminechari. University of Bath]

Fosil reptil laut mirip kadal tersebut ditemukan penambang di tambang fosfat.

Suara.com - Seekor monster laut purba berusia 66 juta tahun dengan gigi sangat tajam membentuk seperti bilah gergaji, telah ditemukan di Maroko.

Fosil reptil laut mirip kadal tersebut ditemukan penambang di tambang fosfat Sidi Chennane di provinsi Khouribga, Maroko.

Para peneliti mengatakan, setelah memeriksa spesimen itu, fitur gigi uniknya belum pernah dilihat sebelumnya pada reptil lain yang diketahui, baik punah ataupun hidup.

Tim ahli menamai spesies baru itu Xenodens calminechari, yang memiliki nama genus berarti "gigi aneh" dalam bahasa Yunani dan Latin serta nama spesiesnya diterjemahkan dari bahasa Arab yang berarti "seperti gergaji".

Baca Juga: Pertama Kalinya, Ilmuwan Temukan Fosil Amon Telanjang Tanpa Cangkang

Fosil reptil laut, Xenodens calminechari. [Livescience]
Fosil reptil laut, Xenodens calminechari. [Livescience]

Dilansir dari Live Science, Rabu (27/1/2021), giginya yang seperti pisau dan rapat membuat Xenodens calminechari memiliki gigitan seperti hiu dan mungkin itu kunci kelangsungan hidupnya.

Xenodens calminechari tidak memiliki ukuran yang besar, hanya sekitar seukuran lumba-lumba sehingga kemungkinan hewan itu mengandalkan kelincahan dan giginya untuk bertahan hidup.

Spesies tersebut diperkirakan hidup selama akhir Zaman Kapur, bersama dengan hewan laut predator kuno lainnya seperti plesiosaurus berleher panjang, penyu raksasa, dan ikan bertaring.

"Gigi Xenodens calminechari tidak biasa, kemungkinan memberinya strategi berburu yang unik. Itu mungkin melibatkan gerakan memotong digunakan untuk mengukir potongan dari mangsa besar," kata Nick Longrich, dosen senior di Milner Center for Evolution, University of Bath.

Fosil reptil laut, Xenodens calminechari. [Livescience]
Fosil reptil laut, Xenodens calminechari. [Livescience]

Penemuan Xenodens calminechari juga menambah bukti bahwa ekosistem reptil laut serta keragamannya di Maroko berkembang pesat pada akhir Zaman Kapur.

Baca Juga: Berusia 480 Juta Tahun, Ilmuwan Temukan Fosil Nenek Moyang Bintang Laut

Salinan awal penelitian ini telah dipublikasikan secara online di jurnal Cretaceous Research, pada 16 Januari.

Komentar