alexametrics

Cara Gagalkan Upaya Phising

Dythia Novianty
Cara Gagalkan Upaya Phising
Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]

Kaspersky memberikan tips cara menggagalkan upaya phising.

Suara.com - Aksi phising kini banyak dilakukan selama pandemi Covid-19, salah satunya melalui Facebook. Hal utama yang harus dilakukan, jika kamu menjadi salah satu korbannya adalah jangan panik.

Sehingga bisa menghindari hal-hal yang justru akan berakibat buruk. Melalui keterangan resminya, Kaspersky memberikan tips cara menggagalkan upaya phising, meskipun tidak di Facebook:

  1. Luangkan waktu Anda dan jangan panik.
  2. Periksa alamat pengirim sebelum mengklik tautan di email. Facebook tidak mungkin mengirim pemberitahuan dari domain email non-Facebook
  3. Kenali huruf-huruf aneh, kesalahan ketik dan penulisan dalam teks email, dan anggaplah pesan apa pun yang datang patut untuk dicurigai
  4. Selalu masuk ke akun melalui aplikasi atau dengan memasukkan URL di bilah alamat browser kamu (dengan mengetiknya, bukan dengan mengeklik tautan), meskipun kamu berpikir telah menerima pemberitahuan sebenarnya tentang pelanggaran terkait.
  5. Hindari memasukkan kredensial login melalui pihak ketiga atau halaman lain - tetapi jika terlanjur dan kamu kehilangan akses ke akun, segera hubungi layanan pelanggan.

Selamat mencoba!

Baca Juga: 533 Juta Data Pribadi Pengguna Facebook Dijual Bebas di Telegram

Komentar