alexametrics

Peringkat Lima di Daftar Ponsel Terlaris, Samsung Tak Ambil Pusing

M. Reza Sulaiman | Dicky Prastya
Peringkat Lima di Daftar Ponsel Terlaris, Samsung Tak Ambil Pusing
Ilustrasi Samsung. [Shutterstock]

Laporan terbaru firma riset pasar IDC Indonesia menyebut smartphone merek Samsung hanya menempati peringkat ke-lima sebagai ponsel terlaris di Indonesia.

Suara.com - Laporan terbaru firma riset pasar IDC Indonesia menyebut smartphone merek Samsung hanya menempati peringkat ke-lima sebagai ponsel terlaris di Indonesia.

Namun Samsung Indonesia tetap optimis dan akan terus menghadirkan inovasi baru dalam memasarkan produknya.

"Industri ponsel itu dinamis, bisa naik bisa turun. Kami akan memberikan inovasi dalam memasarkan produk Samsung di Indonesia," jelas Product Marketing Manager Samsung Indonesia Irfan Rinaldi dalam sesi QnA Samsung Galaxy A52 dan A72 sore ini, Kamis (18/3/2021).

Untuk mengatasinya, Irfan memberikan beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan produk. Seperti yang mereka kampanyekan untuk Galaxy A Series yang baru saja meluncur tadi malam di Indonesia.

Baca Juga: Catat! Ini Beda Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A52 vs Oppo Reno5

Pertama, Irfan akan terus berusaha menghadirkan smartphone terjangkau. Di Galaxy Series A ini, Irfan memberikan pilihan ponsel dari rentang harga Rp 3 jutaan untuk Galaxy A32 dan Rp 6 jutaan untuk Galaxy A72.

Kedua, strategi yang diberikan Samsung yakni meminimalisir keluhan yang dilaporkan konsumennya. Di Galaxy A terbaru, Irfan menjelaskan beberapa pembaruan seperti layar brightness 800 nits, visual fidelity, performa untuk gaming, chipset, ketahanan baterai, hingga water resistance dengan sertifikat IP67.

Terakhir, Samsung juga menghadirkan desain ponsel dengan warna yang menarik sesuai tren anak muda. Hal ini dibuktikannya dengan peluncuran tiga seri Galaxy A terbaru Samsung.

Sebagaimana diketahui, IDC Indonesia memberikan lima daftar penguasa pangsa smartphone di Indonesia. Samsung, satu-satunya merek dari luar Tiongkok di daftar ini, memperkuat posisi di segmen ultra low-end, yaitu di bawah 100 dolar AS pada akhir tahun lalu. Yang jadi andalan adalah jajaran Galaxy A.

Segmen ultra low-end dan pemula Samsung menyumbang dua pertiga dari total pengiriman merek Korsel itu pada 2020 lalu. Meski demikian, Samsung dinilai kesulitan melawan dominasi Xiaomi di pasar menengah.

Baca Juga: Samsung Bekali Fitur Waterproof ke Galaxy A Series, Ini Alasannya

Berikut daftar lima penguasa pasar ponsel Indonesia di triwulan empat 2020:

  1. Vivo dengan pangsa pasar 23,3 persen
  2. Oppo (23,2 persen)
  3. Xiaomi (15,3 persen)
  4. Realme (14 persen)
  5. Samsung (13,5 persen)

Komentar